Sumsel Canangkan Kuliah Gratis hingga Sarjana

Kamis, 22 Januari 2015 - 10:15 WIB
Sumsel Canangkan Kuliah Gratis hingga Sarjana
Sumsel Canangkan Kuliah Gratis hingga Sarjana
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin membuat gebrakan baru dengan program kuliah gratis hingga lulus menjadi sarjana.

Program ini rencananya akan mulai digulirkan tahun 2015 ini terhadap sejumlah mahasiswa Sumsel yang berprestasi dan tidak mampu.

"Kita akan mulai programnya di tahun ini. Untuk langkah awal Pemprov Sumsel akan dengan bekerja sama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) dan IAIN (UIN) Raden Fatah," ungkap Alex Noerdin saat bertemu jajaran Pemimpin Redaksi MNC Media di MNC Tower, Rabu 21 Januari 2015.

Alex menegaskan, langkah ini dia ambil karena beberapa program terdahulunya seperti berobat gratis dan sekolah gratis hingga SMA telah berhasil dinikmati warga Sumsel.

Menurut Alex, sasarannya program kuliah gratis ini adalah jurusan yang dinilai masih sangat diperlukan seperti teknik sehingga bisa menghasilkan insiyur-insiyur yang handal bagi Sumsel di masa mendatang.

"Ya untuk tahun ini kita akan coba kepada 30 mahasiswa dulu. Dananya kita anggarkan dari APBD Sumsel, " timpal Alex.

Mantan Bupati Muba ini menjelaskan, program yang digulirkannya ini tidak mengikat bagi para mahasiswa. Jadi setelah lulus, mereka dipersilahkan mencari kerja sendiri jika mau mandiri.

"Untuk program ini kita tidak akan meminta timbal balik kepada mereka jika telah lulus. Saya akan bangga jika mereka nantinya akan bisa membangun daerahnya sendiri, itu saja," tandas Alex.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan program ini tentunya digulirkan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sumsel.

"Komitmen pak Gubernur kepada kemajuan dunia pendidikan sangat baik bagi warga Sumsel. Dia ingin melihat para sarjana-sarjana di Sumsel dapat membangun daerahnya sendiri pada masa mendatang," timpal Irene.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7240 seconds (0.1#10.140)