NasDem Usulkan Gus Ipul Jadi Dewan Pertimbangan

Senin, 12 Januari 2015 - 12:04 WIB
NasDem Usulkan Gus Ipul Jadi Dewan Pertimbangan
NasDem Usulkan Gus Ipul Jadi Dewan Pertimbangan
A A A
SURABAYA - Pemilihan Gubernur Jatim masih empat tahun lagi, namun sosok Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sudah mulai ramai dibicarakan.

Partai Nasional Demokrat (NasDem) adalah salah satu partai yang meminati. Partai baru ini bahkan siap mengusung Gus Ipul pada Pilgub 2019 nanti. Pernyataan ini disampaikan Ketua DPW Partai NasDem Jatim Effendi Choiri (Gus Choi) disela-sela pembukaan ”Sekolah Kader NasDem” dan pere-smian Kantor DPW Partai Nas- Dem Jatim di Jalan Kartini 88 kemarin.

Gus Choi bahkan mengaku akan mengusulkan mantan ketua umum GP Ansor itu untuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan DPW Partai Nas- Dem Jatim. ”Memang NasDem Jatim belum memastikan dukungan. Tapi yang jelas Gus Ipul (Saifullah Yusuf) itu sahabat saya dan dia merupakan alternatif utama diusung Partai NasDem pada Pilgub Jatim mendatang,” ujar Gus Choi dihadapkan ratusan para kader NasDem, kemarin.

Diakui Gus Choi, Saifullah Yusuf merupakan kandidat yang digadang-gadang melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Soekarwo selaku Gubernur Jatim. Sayangnya, Gus Ipul tidak memiliki partai. ”Kami hanya menawarkan, kalau Gus Ipul mau bergabung ke Partai NasDem, ya akan saya usulkan ke DPP secepatnya,” ujarnya.

Keinginan Gus Choi ini rupanya disambut positif Gubernur Jatim Soekarwo. Bahkan disela- sela sambutan, Soekarwo meminta panitia menyediakan waktu untuk Gus Ipul berpidato. ”Saya kira Gus Ipul perlu diberi waktu sedikit untuk berbicara. Saya tidak perlu panjang- panjang,” katanya disambut tepuk tangan para hadirin.

Dihadapkan ratusan kader Partai NasDem itu, Soekarwo juga tanpa sungkan menyatakan dukungan kepada Saifullah Yusuf menjadi penerus untuk memimpin Provinsi Jatim mendatang. ”Kepemimpinan Jatim mendatang, saya pasrahkan kepada Gus Ipul untuk meneruskan. Mudah-mudahan Partai NasDem juga sependapat dengan saya,” kelakar Pakde Karwo panggilan akrab Soekarwo.

Secara khusus orang nomor satu di Jatim itu sangat mengapresiasi Partai NasDem yang membikin sekolah kader. Alasannya, partai yang besar itu membutuhkan kader kuat. ”Sekolah kader ini sangat bagus karena bisa menciptakan kaderkader partai yang militan dan kuat. Ini bisa dicontoh oleh partai- partai lain,” ujar Pakde Karwo.

Sekolah kader Partai Nas- Dem Jatim diikuti 115 wakil rakyat dari Partai NasDem se- Jatim. Rinciannya 104 kader yang duduk di DPRD kabupaten/ kota, 4 kader di DPRD Jatim, dan tujuh kader DPR RI daerah pemilihan Jatim. ”Sekolah kader ini bertujuan menumbuhkan militansi, soliditas, dan semakin memahami Restorasi Indonesia,” kata Gus Choi.

Dikonfirmasi mengenai keinginan Partai NasDem itu, Gus Ipul terkesan malu-malu. Dia mengaku masih belum memikirkan niat masuk partai politik manapun karena masih fokus dengan tugas serta amanatnya menjadi wakil gubernur hingga akhir masa periode. ”Saya masih konsentrasi mendampingi Pakde Karwo, sehingga belum berpikir masuk partai untuk saat ini, termasuk persiapan pemilihan gubernur yang masih jauh,” katanya.

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu, juga mengaku belum mau terganggu dengan agenda partai politik dan ingin istirahat dari kepengurusan partai. ”Dulu bahkan sudah jadi sekretaris jenderal di DPP. Jadi sekarang tidak berpikir ke arah sana lagi. Sekali lagi, saya masih fokus menjalankan amanat sebagai wakil gubernur,” ungkapnya.

Ihya Ulumuddin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6799 seconds (0.1#10.140)