Kades Harus Jaga Kerukunan Warga

Kamis, 08 Januari 2015 - 10:18 WIB
Kades Harus Jaga Kerukunan Warga
Kades Harus Jaga Kerukunan Warga
A A A
MARTAPUR - Bupati OKU Timur Herman Deru menegaskan, poin utama yang harus diperhatikan kepala desa (kades), yakni harus dan mampu menjaga kerukunan masyarakat.

“Bagaimana bisa menjalankan demokrasi kalau tidak rukun. Jadi, kades itu sangat mudah ketika prosesnya masih pemilihan, menang dan dilantik. Tapi yang susah itu menjadi pemimpin dari setiap lapisan masyarakat,” tegas Deru, di sela-sela pelantikan Kades Jatimulya II, Kecamatan Madang Suku II, Yulianto, kemarin.

Orang nomor satu di Bumi Sebiduk Sehaluan itu mengingatkan, dalam setiap pemilihan kades, tentu pilihan di masyarakat tidak akan sama.Tapi harapan tentang sosok yang dipilih tersebut, sudah pasti sama, yakni ingin desanya cepat maju dan berkembang. “Saya minta setelah dilantik ini, tidak ada lagi anggapan dia ini milih saya dan dia ini tidak. Karena sekarang sudah tidak ada lagi perbedaan, jangan lagi ada orang yang tersisih maupun ampas,” ujarnya.

Deru juga berpesan pada Kades Jatimulya II yang baru dilantik, untuk bisa menjaga kerukunan warga desa, ada beberapa langkah yang harus dilakukan seorang kades. Seperti, biasakan terbuka terhadap masya rakat apa pun masalahnya, terlebih masalah bantuan keuangan di antaranya Sppides dan ADD.

“Karena hal yang paling susah, jika masyarakat desa sudah tidak perduli lagi dengan pimpinannya. Kalau ini terjadi, tentu desanya akan hancur. Jadi jangan sekali-kali duduk menjadi kades hanya untuk mendulang uang. Tapi, duduklah karena sebuah pengabdian,” tandasnya.

Sementara, Kades Jatimulya II Yulianto menyatakan, siap mengemban amanat yang dipercaya masyarakat kepadanya. “Tentu saya siap menjalankan roda pemerintah desa. Namun demikian, saya sangat mengharapkan partisipasi seluruh masyarakat,” tutupnya.

Dadang Dinata
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4917 seconds (0.1#10.140)