Status Gunung Slamet Diturunkan Menjadi Waspada

Selasa, 06 Januari 2015 - 01:19 WIB
Status Gunung Slamet Diturunkan Menjadi Waspada
Status Gunung Slamet Diturunkan Menjadi Waspada
A A A
PEMALANG - Setelah lima bulan berstatus Siaga, status Gunung Slamet diturunkan ke level Waspada. Penurunan status dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kemarin, karena aktivitas gunung setinggi 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terus menurun sejak beberapa hari terakhir.

Petugas pengamat di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang Sukedi mengatakan, status Gunung Slamet diturunkan dari Siaga menjadi Waspada pada pukul 16.00 WIB.

"Informasi penurunan status ini kami terima dari PVMBG pukul 18.00 WIB," kata Sukedi saat dihubungi, Senin (5/1/2015).

Sukedi menjelaskan, penurunan status tersebut dilakukan karena aktivitas vulkanik Gunung Slamet berdasarkan pengamatan terus menurun dalam beberapa hari terakhir.

Sejumlah parameter yang dijadikan dasar adalah pengamatan seismik, electronic distance measurement (EDM) atau alat pengukur pergeseran horizontal dan vertikal gunung, tiltmeter atau alat pengukur penggelembungan tubuh gunung, hingga suhu air panas di sumber Guci, Kabupaten Tegal.

"Seluruh parameter itu menunjukkan ada penurunan aktivitas," kata Sukedi.

Berdasarkan pengamatan dari pukul 12.00-18.00 WIB kemarin, Gunung Slamet teramati hanya mengalami 18 kali gempa embusan dengan amplitudo 3-4 milimeter dan lama gempa sekitar 20-70 detik.

"Dengan penurunan status ini maka radius berbahaya menjadi dua kilometer dari puncak, dari sebelumnya empat kilometer dari puncak," terang Sukedi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6397 seconds (0.1#10.140)