Banjir Mulai Melanda Malang

Selasa, 30 Desember 2014 - 11:37 WIB
Banjir Mulai Melanda Malang
Banjir Mulai Melanda Malang
A A A
MALANG - Hujan deras sepekan terakhir membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Malang terendam banjir. Kondisi terparah terjadi di Desa Situarjo, Kecamatan Sumawe, Kabupaten Malang.

Air merendam ratusan rumah serta areal persawahan milik warga dengan ketinggian satu meter. Pemandangan di lokasi ini mirip rawa-rawa. Air meluber hingga ke jalan raya. Meski demikian, situasi masih dalam batas normal dan aman karena tidak ada korban jiwa. Menjelang siang kemarin, air mulai surut. Kepala Desa Situarjo, Kecamatan Sumawe, Lispianto mengatakan, terjangan banjir di wilayahnya buntut dari hujan deras yang turun belakang ini.

Puncaknya terjadi pada Minggu hingga Senin pagi kemarin. “Ya ini disebabkan hujan deras selama dua hari sejak Minggu hingga Senin pagi. Alhamdulillah aman. Tidak ada korban jiwa,” katanya. Meskipun aman, namun tim SAR di bawah kendali posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang langsung turun ke lokasi. Selain dari BPBD, pihak kecamatan dan koramil setempat pun ikut memantau masyarakat yang dilanda banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang Nyoto Wasono mengatakan, memasuki Januari nanti, pihaknya akan meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan, terutama pada saat hujan. Pihak BPBD setempat, kata dia, telah menyiapkan sejumlah fasilitas penyelamatan bila terjadi keadaan darurat. Fasilitas lain, seperti alat pendeteksi bencana sudah dipasang jauh sebelum musim hujan.

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Malang menetapkan 17 kecamatan dari 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang masuk kategori rawan bencana alam.

Yosef Naiobe
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9380 seconds (0.1#10.140)