Dana Honor Petugas Kebersihan Watampone Habis

Rabu, 24 Desember 2014 - 16:51 WIB
Dana Honor Petugas Kebersihan Watampone Habis
Dana Honor Petugas Kebersihan Watampone Habis
A A A
WATAMPONE - Para petugas kebersihan Kota Watampone tampaknya harus lebih bersabar. Sebab, dari informasi yang dihimpun, dana yang sejatinya untuk pembayaran honor mereka selama dua bulan terakhir (November dan Desember) ternyata tidak tersedia lagi di bendahara daerah. Dana tersebut habis dicairkan beberapa waktu yang lalu.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Bone Najamuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/12/2014).

Dia mengungkapkan, anggaran yang peruntukannya untuk honor petugas kebersihan dalam mata anggaran Kantor Pengelola Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman Kabupaten Bone telah habis.

"Untuk honor petugas kebersihan itu sudah dicairkan dan sudah habis. Dana yang tersisa saat ini hanya anggaran untuk belanja modal," ujarnya

Bahkan, Najamuddin pernah mengingatkan kepada instansi tersebut untuk mempergunakan anggaran sebagaimana mestinya.

"Untuk honor petugas kebersihan itu agar segera dibayarkan seluruhnya. Saya sudah sering peringatkan agar hati-hati, bagaimana kalau begini jadinya."

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Andi Surya Darma tetap menjamin dana honor ratusan petugas sampah akan segera dibayarkan dalam waktu dekat.

"Pasti kita bayarkan, Senin, dalam waktu dekat ini, semua honor petugas kebersihan akan segera kita selesaikan," ujar Surya Darma.

Terkait habisnya dana anggaran dari kas daerah untuk honor petugas kebersihan tersebut , Surya Darma mengatakan, Bendahara Kantor Pengelola Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman Kabupaten Bone justru menyampaikan dana tersebut masih ada.

"Kurang lebih dana honor mereka yang belum dibayarkan Rp300 juta, Memang informasi dari keuangan (maksudnya DPKAD) dananya sudah habis, tapi bendaharanya menyampaikan kalau dananya masih ada. Makanya kami meminta bagian keuangan daerah untuk hitung-hitungannya dulu."

Walau demikian, Surya Darma dengan tegas mengatakan bahwa pemerintah daerah terus berupaya membayar honor para petugas kebersihan tersebut, bagaimanapun caranya.

"Tadi, saya juga sudah bertemu dengan perwakilan petugas kebersihan dan menyampaikan dana itu sementara diproses dan hak mereka akan segera diberikan," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan petugas kebersihan Kota Watampone, Kabupaten Bone mengancam mogok kerja. Mereka menuntut honor kerja menyapu jalanan dan mengangkut sampah selama dua bulan terakhir untuk segera dibayarkan.

Para petugas kebersihan kota ini mendatangi Kantor Bupati Bone dan menemui anggota Dewan di Gedung DPRD Kabupaten Bone untuk mempertanyakan kejelasan hak mereka.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5531 seconds (0.1#10.140)