Tim Medis Siaga di 10 Titik Pos Kesehatan

Selasa, 23 Desember 2014 - 10:54 WIB
Tim Medis Siaga di 10 Titik Pos Kesehatan
Tim Medis Siaga di 10 Titik Pos Kesehatan
A A A
MEDAN - Dinas Kesehatan Kota Medan mendirikan sepuluh pos kesehatan yang tergabung bersama petugas kepolisian untuk mengantisipasi mudik Natal dan TahunBaru.

“Dalam Pospam Lilin Toba 2014 ini ada sepuluh pospam dimulai 23 Desember 2014 sampai dengan 4 Januari 2015, dan kita juga bergabung di sana,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Medan, drg Irma Suryani, kemarin.

Kesepuluh pospam itu tersebar di sepuluh titik, yakni pospam di depan Thamrin Plaza, Medan Mal, Lottemart, stasiun kereta api, depan Carreffour, depan Aksara Plaza, Terminal Amplas, Simpang Pos, Jalan Ring Road, dan depan Millennium Plaza. Setiap pospam disiapkan satu dokter, dua paramedis dan satu unit ambulans. “Mereka bertugas dengan sistem bergiliran dengan tim medis lainnya,” katanya.

Sementara Dinas Kesehatan Sumatera Utara meminta semua puskesmas yang ada di provinsi itu untuk beroperasi 24 jam dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Sekretaris Dinkes Sumut, Afwan Lubis, mengatakan, sudah mengeluarkan surat edaran kepada puskesmas tentang pemberitahuan agar tetap buka selama menghadapi Natal dan Tahun Baru 2015.

“Surat edaran ke kabupaten/ kota sudah kita kirim agar pelayanan kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas yang berada di jalur lintas untuk diaktifkan selama 24 jam,” katanya.

Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Medan, Mariamah, mengatakan, bagi pemudik yang mengalami sakit kalau sifatnya darurat, tidak perlu memakai surat rujukan dari puskesmas. “Kalau darurat langsung ke rumah sakit,” katanya.

Namun, khusus bagi pemudik yang ingin berobat dan sifatnya tidak darurat, bisa mendapatkan sekali berobat ke puskesmas terdekat. “Untuk itu, kepada peserta BPJS Kesehatan, kalau mau bepergian ke luar kota agar jangan lupa membawa kartu BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.6039 seconds (0.1#10.140)
pixels