Rileks dengan Gerakan Hamstring Stretch

Rabu, 03 Desember 2014 - 13:24 WIB
Rileks dengan Gerakan Hamstring Stretch
Rileks dengan Gerakan Hamstring Stretch
A A A
SURABAYA - Saat pulang kerja atau melakukan aktivitas lain, kadang tubuh terasa lelah. Jika sudah begitu, umumnya masyarakat akan istirahat untuk menghilangkan capek dan pegal- pegal.

Sebenarnya ada salah satu alternatif untuk meregangkan otot agar tidak kaku, yakni melalui gerakan stretching yang simpel dan bisa dilakukan di rumah. Misalnya, seperti beberapa gerakan yang dicontohkan instruktur Celebrity Fitnes Yohana dan Puti saat ditemui di lokasi fitnes center kemarin.

”Gerakan hamstring stretch yang berfokus pada paha belakang bisa dilakukan dengan meluruskan kaki terlebih dulu dan posisi harus sambil duduk. Kemudian punggung harus tetap lurus dan tangan meraih sejauh mungkin ke arahjempolkaki, dengancatatan kaki tidak boleh ditekuk,” papar Yohana saat ditemui di Celebrity Fitnes Galaxy Mall Surabaya.

Fungsi gerakan hamstring stretch baik untuk otot paha bagian belakang. Apalagi bagi mereka yang sering memakai sepatu high heel sangat cocok melakukan gerakan ini secara rutin karena bisa melemaskan otot bagian belakang dan efeknya tidak membuat cepat capek. Bersama rekannya, Yohana memberikan beberapa contoh lain gerakan stretching yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Gerakan lainnya, yakni baterfly pose dimanatumitditepukmenjadi satu lalu dimasukkan ke arah pangkal paha. Sekilas memang agak susah, tetapi jika sudah terbiasa akan terasa mudah.

”Ini gerakannya tetap simpel, yakni dengan menekuk kaki ke arah dalam atau pangkal paha, tapi buka lutut ke arah keluar. Badan tetap tegak dan perlahan didekatkan ke arah jempol kaki dengan posisi badan tetap lurus. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah bagian sikut juga membantu untuk menekan ke arah betis. Gerakan ini sebaiknya dilakukan secara perlahan,” kata perempuan yang mengenakan busana fitnes berwarna pink ini.

Gerakan ini juga berfungsi untuk merilekskan otot paha dalam dan panggul. Puti menambahkan, beberapa gerakan lain yang dilakukan sambil berdiri yakni standing dengan satu kaki di depan dan satu lagi di belakang. Tetapi kaki bagian belakang tumitnya diangkat dan tangannya ditarik ke atas sambil buang nafas. Sementara bagian tubuh atau badan diarahkan ke samping secara perlahan.

Saat melakukan gerakan ini, sebaiknya dirasakan pada stretching area paling tidak ditahan selama 38 detik. Area stretching sendiri pada bagian bawah dada sampai pangkal paha. Jika rutin dilakukan gerakan ini akan membuat keseluruhan tubuh terasa lebih nyaman karena capek akan berangsur-angsur hilang.

”Gerakan terakhir yang bisa digunakan untuk merilekskan tubuh yakni dengan menggerakkan satu kaki di lantai dan satu tangan pegang kaki serta ditarik tumitnya sampai menempel. Rasakan ada peregangan sampai otot paha atas,” ujar Puti, sambil memberikan contoh gerakan akhir dari aneka gerakan stretching yang secara umum digunakan untuk membuat tubuh lebih rileks atau santai ketika sedang stres.
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7024 seconds (0.1#10.140)