M Nuh Kembali ke ITS

Kamis, 30 Oktober 2014 - 14:10 WIB
M Nuh Kembali ke ITS
M Nuh Kembali ke ITS
A A A
SURABAYA - Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh membuktikan janji kembali ke almamater yang membesarkan namanya, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Nuh pun disambut hangat segenap sivitas akademik yang pernah dipimpinnya. Dia sempat menunjukkan ruang kerjanya yang berada dekat Laboratorium Biocybernetic. Pada bagian atas pintu laboratorium terdapat papan nama bertulis Laboratorium M Nuh.

Keberadaan Nuh kembali mendapatkan jam mengajar bukan karena diistimewakan, tapi prosedural tetap dilalui. Nuh yang juga pernah menjabat sebagai Menkominfo ini mengajukan surat ke Rektor ITS Triyogi Yuwono sejak jabatannya sebagai Mendikbud berakhir per 20 Oktober lalu.

Nuh akan mendarmabaktikan ilmunya lewat mengajar mahasiswa S1, S2, dan S3. Lebih dari itu, bapak satu anak ini juga akan mengembangkan Laboratorium Biocybernetic Enginering. Keberadaan laboratorium itu sudah dua tahun lalu dibangun. “Ketika jadi menteri ini sudah disiapkan. Dua tahun dikontrol dari jarak jauh. Ya, dipersiapkan ketika tidak menjabat lagi,” ujarnya.

Nuh konsentrasi membesarkan Biocybernetic Engineering lantaran ada kaitan dengan masalah manusia. Biocybernetic Engineering merupakan sistem pada tubuh manusia dengan mengenali tubuh manusia tersebut. Dengan sistem ini, perekaman pada otak manusia bisa dilakukan. “Dari sinilah kita bisa melakukan perekaman otak manusia. Ada apa di dalam otak manusia itu. Semua bisa dilakukan dengan alat yang ada di sini,” ujarnya.

Keberadaan Biocybernetic Engineering bagian rencana pembukaan jurusan biomedical engineering tahun depan. Jurusan baru ini, kata Nuh, bisa mendukung kemajuan bidang kedokteran. Untuk mengawinkan antara engineering dengan bidang life sciences atau kedokteran.

Soeprayitno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4568 seconds (0.1#10.140)