Kekeringan, Petani di Gowa Terancam Gagal Panen

Selasa, 28 Oktober 2014 - 19:23 WIB
Kekeringan, Petani di Gowa Terancam Gagal Panen
Kekeringan, Petani di Gowa Terancam Gagal Panen
A A A
SUNGGUMINASA - Musim kemarau panjang yang melanda Gowa, Sulawesi Selatan, menyebabkan ratusan hektare tanaman padi di Gowa, Sulawesi Selatan, kekeringan. Akibatnya, petani terancam gagal panen.

Kekeringan itu terjadi di lahan pertanian di Desa Gentungan, Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Ratusan hektare tanaman padi yang berumur dua bulan itu telah mengering dan mulai layu akibat pasokan air di wilayah ini sulit didapatkan oleh para petani.

Kondisi ini mulai dirasakan para petani sejak tiga bulan terakhir. Sementara, seluruh sumber air dan saluran irigasi juga mengalami kekeringan.

Akibatnya, para petani di desa ini hanya bisa pasrah melihat tanaman padinya mengering dan mati. Kini hampir seluruh tanaman padi milik warga sudah mulai mati akibat sulitnya mendapatkan pasokan air sejak musim kemarau ini.

Para petani berusaha mengairi sawah mereka dengan menggunakan mesin pompa air. Namun, kini mereka kesulitan lantaran persediaan air di sejumlah sumur di areal persawahan juga sudah mengering.

Hasyim, salah seorang petani mengatakan, tanaman padinya sudah mulai layu dan mati akibat kekeringan yang melanda wilayahnya sejak tiga bulan terakhir. "Saya hanya bisa pasrah," kata Hasyim, Selasa (28/10/2014).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5298 seconds (0.1#10.140)