Tak Mampu Beli Beras, Korban Sinabung Makan Ubi Kayu

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 09:45 WIB
Tak Mampu Beli Beras, Korban Sinabung Makan Ubi Kayu
Tak Mampu Beli Beras, Korban Sinabung Makan Ubi Kayu
A A A
KABANJAHE - Tak mampu membeli beras, warga korban erupsi Gunung Sinabung asal Desa Gurukinayan, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, mengonsumsi ubi kayu.

Sejak dipulangkan dari pengungsian tiga bulan lalu, sejumlah warga korban erupsi Gunung Sinabung tinggal di gubuk-gubuk di perladangan warga. Mereka menghuni pondok-pondok yang didirikan sederhana terbuat dari anyaman bambu dan beratap tenda yang berukuran 4x4 meter.

Karena tak punya uang, korban Sinabung ini pun mengonsumsi ubi kayu sebagai pengganti nasi. Ubi kayu ini dikonsumsi dengan sambal tomat dan cabai merah yang diambil dari perladangan yang terpapar abu. Mereka terpaksa tinggal di sini karena desa mereka rusak pascaditerjang erupsi Sinabung.

Desa mereka berada pada zona merah dan hingga kini belum bisa ditempati. Sejak dipulangkan dari pengungsian, para korban erupsi Sinabung ini tak lagi mendapatkan bantuan dari pemerintah. Sebab, mereka sudah mendapat bantuan dana uang tunai sebesar Rp5 juta dari pemerintah. Dana ini digunakan sebagai pengganti sewa rumah dan sewa ladang.

Murnia Surbakti, korban erupsi Sinabung mengaku telah 20 hari ini mengonsumsi ubi kayu sebagai pengganti nasi. Sejak dipulangkan dari pengungsian, warga mengaku tidak pernah lagi diperhatikan pemda. Warga berharap ada dermawan yang mau membantu kebutuhan mereka sampai keadaan ekonomi mereka normal.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7532 seconds (0.1#10.140)