Efek Samping Obat Maag Bisa untuk Aborsi

Kamis, 02 Oktober 2014 - 15:18 WIB
Efek Samping Obat Maag Bisa untuk Aborsi
Efek Samping Obat Maag Bisa untuk Aborsi
A A A
BANDUNG - Meski hanya berprofesi sebagai wiraswasta, Kankan Irawan alias Dimas (32), diduga telah mengerti efek penggunaan obat maag dengan dosis tertentu ‎yang bisa mengakibatkan seseorang keguguran.

"Obat-obat itu bisa menyebabkan hiper kontraksi pada rahim. Setelah kontraksi itu, bayi yang ada dirahim kekurangan oksigen dan meninggal, serta langsung menyebabkan pendarahan," ujar Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) sekaligus Kepala Penyidik PPNS Dinkes Kota Bandung Susatyo Triwilopo, Kamis (2/10/2014).

Susatyo mengatakan, cycotec dan gasrul memiliki khasiat sebagai obat keras yang bisa mengobati maag ‎dan sakit pencernaan. Sementara ampicilin adalah sejenis antibiotic yang bisa menghilangkan rasa sakit, dan menghentikan pendarahan.

Sementara untuk obat antibiotic dalam obat aborsi tersebut berfungsi menghentikan pendarahan. "Kalau tidak bisa dicegah pendarahannya, bisa menyebabkan meninggal," ucapnya.

Lebih lanjut, Susatyo mengungkapkan, jamu bersalin merek Sido Muncul yang juga diberikan satu paket dengan obat aborsi berguna sebagai pembersih pasca janin yang telah mati keluar dari rahim.

"Kita tentu akan melakukan pengawasan lebih optimal terhadap apotek-apotek. Karena obat-obat tersebut wajib memakai resep dokter," tegasnya.

Disinggung soal keaslian obat-obat yang dijual Dimas, pihaknya memastikan jika obat tersebut asli. "Asli hanya disalahgunakan saja," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4932 seconds (0.1#10.140)