Dukung Risma, PAN Butuh Teman Koalisi

Jum'at, 05 September 2014 - 15:12 WIB
Dukung Risma, PAN Butuh Teman Koalisi
Dukung Risma, PAN Butuh Teman Koalisi
A A A
SURABAYA - Setelah PKS dan Partai Gerindra, PAN menyatakan siap mendukung Tri Rismaharini (Risma) dalam Pilkada Surabaya 2015. Namun, Partai Amanat Nasional (PAN) harus berkoalisi untuk bisa mengusung Risma.

"Kalau ada peluang ikut bertanding dengan koalisi ya kita ikut. Apalagi kan masih jauh. Insya Allah," kata Wakil Ketua DPD PAN Surabaya Sudirdjo kepada wartawan, Jumat (5/9/2014).

Sudirdjo mengatakan, PAN akan sangat terbuka dan siap mengusung Risma. Syaratnya, PAN harus mencari teman koalisi untuk mengusung wali kota petahana tersebut. Pasalnya, PAN tidak memenuhi syarat untuk mengusung calon.

Ia juga mengatakan, dalam dunia poliik, peta cepat berubah dalam waktu singkat. "Semua masih banyak kemungkinan dan mungkin terjadi. Tapi Insya Allah siap-siap saja jika melihat kinerjanya (Risma) selama ini, elektabilitasnya."

Sebelumnya, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya Ahmad Suyanto menilai, Risma masih sangat layak untuk maju kembali dalam perebutan kursi wali kota tahun depan. Menurut dia, mantan kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu merupakan pemimpin yang gigih dan tegas.

Dukungan juga disampaikan Partai Gerindra Surabaya melalui Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya BF Sutadi yang menyatakan siap menjadi kendaraan politik Risma jika benar-benar tidak diusung oleh PDIP. Alasannya, Risma memiliki elektabilitas tinggi dan memiliki segudang prestasi selama menjabat wali kota Surabaya.

Sama seperti PAN, Partai Gerindra juga harus mencari teman koalisi untuk mengusung calon. Pasalnya, saat ini, Gerindra memiliki lima kursi di DPRD Kota Surabaya. Untuk mengusung calon membutuhkan sekitar 8 kursi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua DPD PDIP Bambang DH menyatakan tidak akan mengusung Tri Rismaharini dalam Pilkada Surabaya mendatang. Alasannya, PDIP membutuhkan pemimpin yang bekerja keras, bukan sibuk mencari popularitas.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6698 seconds (0.1#10.140)