Lutung Masuk Kampung Gemparkan Warga

Sabtu, 09 Agustus 2014 - 15:14 WIB
Lutung Masuk Kampung Gemparkan Warga
Lutung Masuk Kampung Gemparkan Warga
A A A
GARUT - Kabar lutung (langur) masuk kampung menggemparkan ratusan warga di Desa Kolot, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Isu yang awalnya isapan jempol ini pun akhirnya berkembang di tengah warga, yakni barangsiapa yang berhasil menangkap kera berbulu hitam tersebut, maka dia akan mendapatkan hadiah sebesar Rp15 juta.

“Alhasil, warga berbondong bondong memburunya untuk menangkap karena ada iming iming hadiah uang sampai Rp15 juta,” kata Ustadz Yamin, tokoh masyarakat Desa Kolot, Sabtu (9/8/2014).

Menurut Yamin, kabar lutung masuk ke perkampungan ini telah terjadi kurang lebih selama satu pekan. Sejak saat itu, warga hampir setiap hari melakukan upaya penangkapan dengan menyisir pepohonan dan semak-semak.

"Meski sudah berlangsung hampir satu pekan, namun hingga kini belum ada warga yang berhasil menangkapnya. Simpang siur, namun tetap diburu. Akibatnya jadi banyak gosip. Dimulai lutung itu sembunyi, bisa menghilang, hingga lutung jadi-jadian yang sulit untuk ditangkap. Semua ini belum bisa dibuktikan. Namanya juga warga, segala cepat tersebar, segala jadi gosip," ujarnya.

Ketika sejumlah kelompok warga asyik berburu lutung di sekitar pepohonan perbatasan Desa Kolot dan Mangkurakyat, beberapa petugas kepolisian dari Sektor Cilawu tampak sigap memantau fenomena unik tersebut.

Sementara sebagian warga lainnya, menonton sekelompok orang yang berburu lutung.
Salah satu warga, Isah, mengaku kabar lutung masuk kampung ini memberikan hiburan tersendiri bagi dia dan anak-anaknya. Tidak hanya Isah, tetangganya yang lain pun ikut menonton aktivitas perburuan itu.

“Habis penasaran ingin melihat lutungnya dari dekat. Katanya lutung itu bersembunyi di atas pohon. Harapannya segera cepat dapat ditangkap. Kami penasaran ingin melihat seperti apa lutung yang dicari orang-orang,” tuturnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9542 seconds (0.1#10.140)