Kunjungi RSJ Bangli, Ini Permintaan Gubernur Bali

Senin, 21 Juli 2014 - 23:30 WIB
Kunjungi RSJ Bangli, Ini Permintaan Gubernur Bali
Kunjungi RSJ Bangli, Ini Permintaan Gubernur Bali
A A A
BANGLI - Gubernur Bali I Made Mangku Pastika meminta Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli Bagus Darmayasa untuk melakukan penelitian kecil-kecilan mengenai penyebab terjadinya gangguan jiwa pada masyarakat.

"Dengan mengetahui faktor penyebab dari gangguan jiwa tersebut, maka akan bisa dicarikan cara perawatan yang lebih pas bagi pengidap dan bahkan bisa dilakukan pencegahan sebelum gangguan itu terjadi," kata Gubernur Bali I Made Mangku Pastika di RSJ Bangli, Senin (21/7/2014).

Dengan penelitian itu, akan bisa dikelompokkan pasien-pasien berdasarkan faktor penyebabnya. Dengan demikian, treatment pun akan bisa dilakukan dengan cara yang berbeda sesuai kondisi para pasien. Berdasarkan penelitian tersebut, RSJ diharapkan bisa berperan secara preventif dan promotif, tidak hanya melakukan treatment tetapi bisa ditangani lebih awal melalui fungsi-fungsi lain dari instansi terkait.

Kunjungan Gubernur ke RSJ tersebut adalah untuk mengecek pembangunan RSJ yang telah dilakukan sejak tahun 2012 dengan dana yang sangat besar yang mencapai Rp94 miliar. Sampai saat ini, pembangunan sudah hampir rampung. RSJ Bangli adalah rumah sakit tipe A yang bisa menjadi rujukan bagi rumah sakit-rumah sakit lain di daerah-daerah Indonesia bagian timur, selain juga bisa dijadikan tempat pelatihan.

Dalam kesempatan itu, Mangku Pastika juga mengecek kondisi pasien, untuk memastikan bahwa rumah sakit ini telah mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama penderita kelainan jiwa.

Sementara itu, Direktur RSJ Bangli Bagus Darmayasa mengatakan, RSJ saat ini menampung 339 pasien dari total kapasitas 400 pasien. Dari semua pasien tersebut, sebanyak 233 pasien menggunakan fasilitas Jaminan Kesehatan Bali Madura (JKBM), sebanyak 53 orang menggunakan binsos, dan 53 orang menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1544 seconds (0.1#10.140)