Jelang Pilpres, Polres Palopo Razia Sajam, Handak, dan Narkoba

Minggu, 25 Mei 2014 - 16:42 WIB
Jelang Pilpres, Polres Palopo Razia Sajam, Handak, dan Narkoba
Jelang Pilpres, Polres Palopo Razia Sajam, Handak, dan Narkoba
A A A
PALOPO - Ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) diprediksi meningkat jelang penyelenggaraan Pilpres 9 Juli mendatang. Untuk mewaspadainya, jajaran Polres Palopo kembali menggelar operasi cipta kondisi di wilayah Kota Palopo.

Operasi dilakukan Minggu (25/5/2014) sekira pukul 02:00 WITA di Jalan Poros Balandai, depan makam warga etnis Tionghoa. Kapolres Palopo AKBP Muh Guntur mengatakan, operasi cipta kondisi pertama yang digelar jajarannya jelang pilpres ini sebagai bentuk antisipasi tindak kekerasan di wilayah Kota Palopo. Petugas kepolisian melakukan razia senjata tajam (sajam), bahan peledak (handak), narkoba, maupun senjata api (senpi) bagi pengguna lalu lintas.

Dalam operasi cipta kondisi ini, semua kendaraan roda dua dan empat yang melintasi wilayah Palopo di jalur utara itu, diperiksa ketat. "Kami memeriksa barang bawaan pengguna jalan, terutama motor yang memiliki jok besar, termasuk mobil dan penumpangnya," kata AKBP Guntur, Minggu (25/5/2014).

Selain memeriksa jok kendaraan, tas bawaan pengguna jalan juga tidak luput dari pemeriksaan petugas dalam operasi itu, dari Unit Reskrim, Narkoba, Shabara, dan juga petugas lalu lintas Polres Palopo. "Sasaran razia ini adalah sajam, handak maupun senpi, dan juga narkoba. Makanya kami juga melibatkan petugas satuan narkoba," jelas Guntur.

Ratusan kendaraan yang diperiksa petugas, termasuk mobil boks, bus, dan kendaraan pribadi dari luar Palopo. Namun, dalam operasi cipta kondisi itu, petugas tidak menemukan barang yang menjadi sasaran razia. "Hasilnya kami tidak menemukan senjata tajam maupun benda lain yang menjadi sasaran. Razia semacam ini akan rutin kami lakukan untuk meminimalisir sekaligus menekan angka kriminalitas yang ada di jalan raya, terutama jelang pilpres dan bulan suci Ramadan," jelas Guntur.

Sementara, Kasatlantas Polres Palopo AKP Muhabbar menyebutkan, puluhan sepeda motor yang tidak laik jalan, termasuk pengendaranya tidak memiliki SIM dan STNK. "Semua kendaraan yang terjaring razia diamankan di Mapolres Palopo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8044 seconds (0.1#10.140)