Waspada gempa tektonik Merapi menurun

Kamis, 01 Mei 2014 - 13:45 WIB
Waspada gempa tektonik Merapi menurun
Waspada gempa tektonik Merapi menurun
A A A
Sindonews.com - Pasca perubahan status Gunung Merapi dari normal (level I) menjadi waspada (level II), saat ini kondisi gunung teraktif tersebut dalam keadaan normal. Pos Pemantuan Gunung Merapi, Selo, Boyolali, mencatat sejak pukul 00.00 hingga pukul 07.00 WIB, gempa tektonik hanya dua kali terjadi.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Merapi Selo Al-Zahwar mengatakan, dibandingkan sehari sebelumnya, pola gunung Merapi pada hari ini jauh lebih tenang.

Pada tanggal 30 April 2014 kemarin, pos pemantau mencatat gempa tektonik terjadi sebanyak 8 kali. LX sebanyak 38 kali, dan guguran lava terjadi sebanyak dua kali.

"Untuk ketebalan asap sulfatara yang keluar dari puncak Merapi, saat ini jauh lebih tipis dibandingkan kemarin. Sedangkan untuk suara gemuruh, pagi ini sudah terdengar tiga kali," papar Al-Zahwar, saat dihubungi wartawan, lewat telepon seluler, Kamis (1/5/2014).

Kendati terpatau tenang, namun status waspada belum dirubah. Pasalnya, selain gunung teraktif, merapi memiliki karakter agresif. Artinya, bisa juga, tenangnya Merapi untuk mengumpulkan tenaga yang cukup besar untuk menghentak. Dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

Hingga kini, kondisi cuaca di puncak Merapi sendiri dalam kondisi 02. Yang artinya, sebagian puncak Merapi sudah tertutup kabut dan sebagian lagi tidak tertutup kabut dan masih dapat terpantau.

"Saat ini, kondisi Merapi dalam posisi 02. Artinya sebagian puncak tertutup kabut dan sebagian lagi dalam kondisi tidak tertutup kabut," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8619 seconds (0.1#10.140)