PMI bagikan 4.000 masker gratis

Jum'at, 14 Februari 2014 - 14:19 WIB
PMI bagikan 4.000 masker gratis
PMI bagikan 4.000 masker gratis
A A A
Sindonews.com - Abu vulkanik erupsi Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur sudah mencapai Kota Solo, sehingga mendorong Palang Merah Indonesia Kota Solo membagikan 4.000 masker kepada masyarakat secara gratis.

Pembagian masker secara gratis itu dilakukan di Bundaran Gladak, Jalan Slamet Riyadi, mendapatkan respon luar biasa dari para pengguna jalan yang kebetulan melintasi kawasan tersebut.

Para pengguna jalan, baik roda dua maupun roda empat langsung meminta masker yang dibagikan tersebut.

"Sudah habis 14 kotak, atau sekitar dua ribu masker yang telah dibagikan,"jelas Haristanto, salah seorang relawan PMI dari komunitas Republik Aeng-aeng yang ikut membagi-bagikan masker itu, Jumat (14/2/2014).

Dia mengatakan, pembagian masker ini ditujukan agar masyarakat tidak mengalami gangguan pernafasan karena tidak sengaja menghirup abu vulkanik erupsi Gunung Kelud secara langsung.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berpergian sementara waktu hingga hujan abu berhenti.

Selain PMI, pembagian masker juga dilakukan Dinas Kesehatan Kota Solo, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih mengumumkan, bagi masyarakat umum yang membutuhkan masker bisa langsung datang ke puskesmas-puskesmas terdekat untuk mendapatkan masker secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya sedikitpun.

"Butuh masker, masyarakat bisa langsung datang ke Puskesmas untu mendapatkan masker secara gratis. Kita sudah menyediakan masker di tiap-tiap puskesmas. Ini untuk memudahkan warga masyarakat agar bisa menggunakan masker. Karena terlalu berbahaya bila berpergian disaat kondisi masih seperti ini buat kesehatan,"paparnya.

Selain membagi-bagikan masker, Dinas Kesehatan pun telah menyiagakan tim kesehatannya di tiap-tiap puskesmas. Penyiagaan ini ditujukan apabila efek dari hujan abu vulkanik Gunung Kelud berdampak buruk terhadap kesehatan warganya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5488 seconds (0.1#10.140)