Kata PVMBG soal amblesnya Tol Purbaleunyi

Jum'at, 24 Januari 2014 - 17:46 WIB
Kata PVMBG soal amblesnya Tol Purbaleunyi
Kata PVMBG soal amblesnya Tol Purbaleunyi
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) menyatakan amblesnya ruas Tol Purbaleunyi di KM 72, di Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berada di zona rendah pergerakan tanah.

"Kalau dilihat berdasarkan zona, daerah itu termasuk flat, rendah pergerakan tanahnya," kata Kepala Sub Mitigasi Gerakan Tanah Wawan Irawan, di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/1/2014).

Menurutnya, kawasan yang terbilang potensi gerakan tanahnya tinggi justru berada di kilometer 90-100. Kilometer itu masih masuk kawasan Purwakarta.

Dia pun memprediksi jika hujan kembali turun dengan intensitas tinggi, bukan tidak mungkin tanah di wilayah tersebut akan kembali bergerak dan kembali ambles. "Yang harus dilakukan adalah pemadatan tanah dan konstruksi di lokasi. Sehingga ruas jalan diharapkan tidak lagi ambles," tuturnya.

PVMBG sendiri tidak menerjunkan tim ke lokasi karena tidak ada permintaan dari Jasa Marga. "Kita tidak ada tim yang ke sana karena mungkin Jasa Marga juga sudah banyak ahli," jelas Wawan.

Baca:
Ambles, perbaikan Tol Purbaleunyi lebih dari 3 hari
Cipularang ambles 20 meter, kendaraan ke Bandung dialihkan
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3108 seconds (0.1#10.140)