Cipularang ambles 20 meter, kendaraan ke Bandung dialihkan

Jum'at, 24 Januari 2014 - 14:52 WIB
Cipularang ambles 20 meter, kendaraan ke Bandung dialihkan
Cipularang ambles 20 meter, kendaraan ke Bandung dialihkan
A A A
Sindonews.com - Ruas Tol Purbaleunyi di KM 72, tepatnya di sekitar Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ambles dini hari tadi. Arus lalu lintas pun terganggu, terutama kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung.

"Kendaraan dari Jakarta diarahkan keluar dari Cikopo, kemudian masuk lagi ke Sadang kalau mau ke Bandung," ujar Kepala Cabang Tol Purbaleunyi Christianto, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (24/1/2014).

Panjang amblesan di lokasi itu menurutnya mencapai hingga 20 meter. Tak hanya itu, ada retakan pula yang dikhawatirkan membahayakan pengendara jika diperbolehkan melintas. "Ada retakannya, itu retakan kurang lebih 70-80 meter," jelasnya.

Untuk kedalaman amblesan sendiri diperkirakan mencapai 20-25 centimeter dengan bagian terdalam berada di bahu jalan. Akibatnya, hingga kini belum bisa dipastikan kapan arus lalu lintas di lokasi itu bisa kembali dibuka. "Kita sekarang sedang melakukan penanggulangan," ungkap Christianto.

Namun, pihaknya menyebut penyebab ambles diduga tanah yang tergerus air. Meski begitu, pihaknya kini masih terus melakukan penyelidikan dengan memanggil konsultan geoteknik.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7063 seconds (0.1#10.140)
pixels