Kemensos terjunkan 70 personel Tagana ke Sinabung

Jum'at, 24 Januari 2014 - 11:11 WIB
Kemensos terjunkan 70 personel Tagana ke Sinabung
Kemensos terjunkan 70 personel Tagana ke Sinabung
A A A
Sindonews.com - Kementerian Sosial (Kemensos) mengerahkan 70 personel Tarugan Siaga Bencana (Tagana) yang ditugaskan untuk mengoperasikan dapur umum di 42 pos pengungsian bencana erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara .

Para Tagana tersebut juga ditugaskan mendistribusikan berbagai bantuan logistik di pos-pos penampungan tersebut. Demikian disampaikan oleh Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri, dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (24/1/2014).

Selain itu, menurut Mensos, para pengungsi erupsi Sinabung membutuhkan pendampingan dari para relawan akibat kondisinya yang kehilangan harta benda dan terguncang, terutama dalam masa tanggap darurat pasca bencana.

"Kondisi penampungan pengungsi yang serba terbatas membutuhkan pasokan asupan makanan dan minuman yang cukup, tidak hanya bagi orang dewasa, juga di sana terdapat anak-anak dan balita," paparnya.

Berdasarkan pantauan Kemensos menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan, terjadi peningkatan status Gunung Sinabung dari level siaga menjadi awas yang ditandai dengan meluasnya lontaran material berukuran 3-4 cm sejauh 4 km. Oleh karena itu, warga yang bermukim dalam radius 5 km di sekitar Gunung Sinabung harus diungsikan.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4915 seconds (0.1#10.140)