Sinabung muntahkan awan panas, 2 desa steril

Jum'at, 03 Januari 2014 - 16:03 WIB
Sinabung muntahkan awan panas, 2 desa steril
Sinabung muntahkan awan panas, 2 desa steril
A A A
Sindonews.com - Sejak ditetapkan status Awas 24 November 2013 lalu, hingga kini aktivitas Gunung Sinabung di Sumatera Utara masih tinggi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih merekomendasikan lima kilometer di sekitar Gunung Sinabung disterilkan.

Bahkan per hari ini, PVMBG mengeluarkan rekomendasi khusus untuk bagian tenggara Gunung Sinabung disterilkan menjadi sejauh tujuh kilometer. Dua desa harus disterilkan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Awan panas sudah mencapai jarak empat kilometer dari puncak (ke arah tenggara). Dua desa diungsikan yaitu Desa Jeraya dan Desa Pintu Besi. Mungkin siang ini sudah diungsikan," kata Kepala PVMBG Hendrasto di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/1/2014).

Rekomendasi itu sudah disampaikan ke pemerintahan setempat dan instansi terkait. Pantauan PVMBG, awan panas itu sudah mencapai jarak empat kilometer ke arah tenggara pada pukul 00.32 WIB.

"Barusan pukul 14.30 WIB Gunung Sinabung kembali mengeluarkan awan panas dengan jarak tiga kilometer dan kolom asap 2,5 kilometer," jelasnya.

Dengan penambahan rekomendasi itu, total hingga kini ada 23 desa dan dua dusun yang harus disterilkan. Lebih dari seribu orang terpaksa diungsikan.

Hendrasto mengatakan, status Awas Gunung Sinabung merupakan yang terlama dalam kurun 2013. Statusnya belum pernah dicabut sejak 24 November, bahkan berlanjut hingga awal tahun ini.

"Kita tidak tahu sampai kapan (status awas dicabut), tergantung (kondisi) Sinabungnya. Yang pasti kita sekarang terus koordinasi dan melakukan pemantauan," jelasnya
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5748 seconds (0.1#10.140)