Ada pengidap AIDS di seluruh kecamatan di Kaltim

Selasa, 03 Desember 2013 - 01:56 WIB
Ada pengidap AIDS di seluruh kecamatan di Kaltim
Ada pengidap AIDS di seluruh kecamatan di Kaltim
A A A
Sindonews.com - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Farid Wadjdy, menyebut pengidap HIV/AIDS di Kaltim terdapat di seluruh kecamatan. Data tersebut berasal dari Dinas Kesehatan Kaltim.

“Berdasarkan data Dinas Kesehatan, jumlah pengidap AIDS di Kaltim mencapai 3.000 orang lebih. Di semua Kabupaten dan Kota di Kaltim, bahkan di setiap kecamatan terdapat pengidap AIDS," kata Farid, Senin (2/12/2013).

Dia mengatakan, secara umum jumlah penderita di dunia mengalami penurunan. Sayangnya, di Indonesia justru mengalami peningkatan.

Untuk Sementara, hingga Agustus ini, RSUD AW Sjahrani menemukan sedikitnya 675 pengidap HIV/Aids. "400 pengidap diantaranya sudah meninggal dunia. Pengidap AIDS seperti fenomena gunung es. Artinya, jumlah pengidap jauh lebih besar dari yang terdata," ujar Farid.

Di Kaltim, kata Farid, terdapat sekira 59 lokalisasi dengan jumlah Pekerja Seks Komersial (PSK) mencapai 11.550 orang. Dengan jumlah tersebut, pengawasan akan diperketat untuk mengurangi tersebarnya virus HIV.

"Di Kaltim juga mengalami peningkatan penderita AIDS. Kalau yang meningkat ini yang baik tidak masalah. Tapi kok yang justru meningkat ini yang negatif," tutur Farid.

Sebagian besar pengidap AIDS di Kaltim bekerja pada sektor swasta. Berikutnya disusul ibu rumah tangga (IRT). Perusahaan, lanjut Farid, harus ikut peduli dalam upaya pencegahan penularan virus HIV tersebut.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6067 seconds (0.1#10.140)