Besok, seluruh dokter di Tulungagung mogok kerja

Selasa, 26 November 2013 - 19:24 WIB
Besok, seluruh dokter di Tulungagung mogok kerja
Besok, seluruh dokter di Tulungagung mogok kerja
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 187 orang dokter di Kabupaten Tulungagung, menyatakan sikap melakukan boikot kerja mulai Rabu 27 November 2013. Di dalam aksi mogok bersama tersebut, dokter hanya akan memberi pelayanan kepada pasien gawat darurat dan operasi.

Sikap melawan ini, sebagai bentuk protes atas kasus pemidanaan dokter spesialis kandungan RSP Manado dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, oleh aparat kejaksaan setempat.

"Kita akan berdiam diri di rumah," ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tulungagung dr Kansil Rahman kepada wartawan, Selasa (23/11/2013).

Sebelumnya, seluruh dokter di Tulungagung ini juga menggelar unjuk rasa. Para profesional beragam keahlian itu mendesak agar penegak hukum tidak menghukum dr Ayu. Selain aksi solidaritas, negosiasi oleh IDI pusat dengan Komisi IX DPR RI juga telah dilakukan.

Namun yang bersangkutan tetap divonis hukuman 10 bulan penjara atas meninggalnya pasien yang ditangani dr Ayu diduga sebagai tindakan malapraktik yang patut dipidanakan.

Menurut Kansil, aksi boikot massal terpaksa dilakukan. Dia berharap upaya perlawananya akan membuka wacana aparat untuk mempertimbangkan pentingnya peran sosial tenaga medis.

"Ini membuat dokter ragu-ragu melakukan tindakan medis. Jika memang peluangnya fifty-fifty tentunya lebih baik dilepas saja daripada di penjara," jelasnya.

Kendati demikian, aksi mogok ini hanya akan dilakukan selama sehari. Selama itu seluruh aktivitas medis akan digantikan perawat dan bidan. "Kecuali ada gawat darurat kita baru akan memberikan pelayanan," terangnya.

Sementara pihak Pemkab Tulungagung belum bisa dikonfirmasi. Beberapa kali dihubungi melalui selularnya Kabag Humas Pemkab Santoso tidak menjawab.

Baca juga: Dokter Yogya dilarang mogok praktik
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0074 seconds (0.1#10.140)