Dokter di Bali gelar aksi solidaritas untuk Ayu

Kamis, 21 November 2013 - 15:03 WIB
Dokter di Bali gelar aksi solidaritas untuk Ayu
Dokter di Bali gelar aksi solidaritas untuk Ayu
A A A
Sindonews.com - Kalangan dokter di Bali menggelar aksi solidaritas dan doa bersama untuk dr Dewa Ayu Sasiary Prawani yang dihukum atas kasus dugaan malapraktik di Manado.

Aksi kepriharinan solidaritas ini dikoordinir oleh Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Denpasar dan berlangsung di RUSP Sanglah Denpasar.

Ketua POGI Denpasar, dr Made Suyasa Jaya, mengatakan aksi dilakukan sebagai bentuk keprihatinan atas kriminalisasi yang menimpa dr Dewa Ayu.

Dalam aksi 'doa TS Bali untuk Manado", para dokter mengupas aspek medis atas kasus yang menimpa dr Ayu, saat melakukan tindakan pembedahan dalam operasi sesar yang berujung meninggalnya seorang ibu di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Mereka turut berbela sungkawa mendalam kepada keluarga almarhum Julia Fransiska Makatey yang meninggal usai operasi sesar akibat komplikasi (empedu). Kematian akibat tindakan operasi sesar, dikatakan merupakan hal yang bisa saja terjadi pada setiap tindakan pembedahan.

“Kami menyesalkan putusan Mahkamah Agung yang menafikan bukti-bukti medis yang valid berupa hasil autopsi dan audit prosedur tindakan medis saat itu,“ ujar Suyasa, di Denpasar, Kamis (21/11/2013).

Apa yang dilakukan dr Ayu, dinilai sudah sesuai dengan kaidah keilmuan dan etika profesi kedokteran.

Ratusan dokter itu menyatakan keprihatinan mendalam atas kasus rekan sejawat mereka dr Dewa Ayu, dengan mengenakan tali pita hitam di lengan kanan seragam dokter yang mereka kenakan.

"Kasus dr Dewa Ayu ini mencerminkan tidak adanya perlindungan hukum yang memadai terhadap profesi dokter yang memang penuh risiko medis, meskipun yang dilakukan sudah sesuai standar profesi dan etika kedokteran" tambah Sekretaris POGI Denpasar, Putu Doster Mahayasa.

Padahal, dokter dalam menjalankan tugasnya tidak hanya bertangungjawab terhadap profesinya namun juga pada keselamatan masyarakat.

Atas kasus itu, pihaknya menyerukan seluruh anggota POGI di Bali agar senantiasa memberikan pelayanan dengan menjunjung tinggi etika bersikap profesional dan mengutamakan kepentingan pasien.

Baca juga: IDI Sumba gelar aksi solidaritas Dokter Ayu
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3951 seconds (0.1#10.140)