Merapi meletus, Sukoharjo hujan abu

Senin, 18 November 2013 - 09:37 WIB
Merapi meletus, Sukoharjo hujan abu
Merapi meletus, Sukoharjo hujan abu
A A A
Sindonews.com - Letusan Gunung Merapi, pada Senin 18 November 2013, mengakibatkan terjadinya hujan abu. Bahkan abu letusan terjadi hingga puluhan kilo meter dari gunung merapi sampai Kabupaten Sukoharjo.

Seperti di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Meskipun jarak ke Gunung Merapi lebih dari 20 Kilometer, namun abu letusan Merapi mengguyur di daerah ini.

Meski tidak setebal saat erupsi Merapi pada tahun 2006 maupun 2010, namun hujan abu kali ini juga cukup deras. Material berupa pasir tipis nampak menyelimuti tembok, mobil dan halaman rumah warga.

Menurut Daud warga sekitar, kejadian ini sangat mendadak. Mulai terasa sekira pukul 05.30 Wib hingga 06.30 Wib. Belum banyak warga yang mengenakan masker untuk menutup saluran pernapasan, karena hujan abu datang mendadak, sehingga warga belum sempat mempersiapkan diri.

Namun begitu, beruntung hujan abu hanya berlangsung kurang dari satu jam dan bersamaan dengan gerimis tipis. Sehingga, abu segera larut. Namun mereka berharap ada pembagian masker gratis, karena banyak yang mengalami sesak nafas karena peristiwa ini.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4550 seconds (0.1#10.140)