Buaya lepas gigit warga

Selasa, 05 November 2013 - 14:43 WIB
Buaya lepas gigit warga
Buaya lepas gigit warga
A A A
Sindonews.com - Seekor buaya ditangkap warga saat berkeliaran di Sungai Paini, wilayah Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Buaya sepanjang 1,5 meter yang belum diketahui asal usulnya ini, sempat melukai warga yang hendak menangkapnya.

Salah seorang warga yang digigit buaya adalah Ngatno, warga RT 3 RW 1 Desa Sinanggul. Akibat gigitan itu, Ngatno dilarikan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Jepara. Tukang kayu ini, mengalami luka serius setelah betis kirinya digigit buaya yang hendak ditangkapnya, bersama belasan warga lainnya.

Keberadaan buaya ini, pertama kali diketahui oleh Karmidi (50), warga RT 5 RW 1, Sinanggul, yang sedang mengambil rumput di tepi sungai Paini, sekitar pukul 06.00 WIB. Karmidi yang melihat buaya langsung kabur dan memberitahukan apa yang dilihatnya kepada warga lainnya.

Warga pun langsung beramai-ramai mencari buaya tersebut. Warga khawatir, buaya tersebut akan menimbulkan masalah. Sebab tiap hari banyak warga yang beraktivitas di sepanjang aliran Sungai Paini. Termasuk anak-anak yang juga sering berenang di beberapa titik cekungan sungai tersebut.

“Warga sudah mencari lebih dari satu jam lamanya, tapi buaya itu belum juga ditemukan,” kata salah seorang warga Desa Sinanggul, Tafrikhan, Selasa (5/11/2013).

Upaya warga akhirnya berbuah. Buaya tersebut diketahui sedang berendam di salah satu titik sungai yang berair dangkal tersebut. Dengan peralatan seadanya seperti jaring, pemukul, alat setrum, hingga senapan angin pun dikeluarkan untuk menangkap buaya tersebut.

Pelan tapi pasti, warga pun bisa mendekati buaya tersebut. Kebetulan, salah seorang warga bernama Ngatno yang lokasinya paling dekat berhasil menginjak ekor buaya tersebut. Namun sayangnya, buaya tersebut berontak dan malah menggigit betis kiri yang bersangkutan.

“Lukanya parah, makanya langsung dilarikan ke rumah sakit,” jelas warga lainnya, Jayadi.

Buaya itu berhasil dijinakkan setelah kakinya ditembak dengan senapan angin. Buaya yang sudah lelah, karena dikejar warga itupun berhasil ditangkap. Setelah mulutnya dilakban dan diikat, buaya tersebut langsung menjadi tontonan warga yang berdatangan ke tepi sungai.

“Kita tidak tahu asal usul buaya ini. Tapi menurut sejumlah warga, buaya itu milik salah seorang penduduk Desa Sekuro. Mungkin buaya itu lepas dan akhirnya berkeliaran bebas,” ucap Majid warga lainnya.

Salah seorang anggota Polres Jepara Ipda Bahrudin yang datang ke lokasi mengatakan, untuk sementara waktu buaya itu akan diamankan di Polsek Mlonggo. Pihak kepolisian akan menelurusi asal usul maupun pemilik buaya tersebut.

“Kalau memang buaya ini piaraan warga, petugas juga akan memastikan ada tidanya izin pemeliharaan hewan yang dilindungi ini,” tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3787 seconds (0.1#10.140)