Hari ini, 19 desa di Tana Toraja gelar pilkades

Kamis, 31 Oktober 2013 - 05:36 WIB
Hari ini, 19 desa di Tana Toraja gelar pilkades
Hari ini, 19 desa di Tana Toraja gelar pilkades
A A A
Sindonews.com - Hari ini, Kamis 31 Oktober 2013, 19 desa di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, secara serentak menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) tahap pertama, di tahun 2013.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Badan Pemerintahann dan Masyarakat Desa (BPMD) Tana Toraja Ruben Sulle mengatakan, ke-19 desa yang menggelar pesta demokrasi pilkades itu tersebar di tujuh kecamatan, dalam wilayah Kabupaten Tana Toraja.

Jumlah calon kepala desa yang akan bertarung di pilkades itu sebanyak 58 orang, dengan latar belakang yang berbeda. Para calon kepala desa itu, sudah mengikuti berbagai tahapan seleksi, meliputi seleksi administrasi, tertulis, dan wawancara.

“Besok, pilkades tahap pertama serentak dilaksanakan di 19 desa, di tujuh kecamatan, dan diikuti 58 calon kepala desa,” ujar Ruben, kepada wartawan, di Makale, Rabu (30/10/2013).

Dia mengatakan, persiapan di setiap desa penyelenggara pilkades sudah hampir rampung 100 persen. Bilik suara tempat warga desa menggunakan hak pilihnya secara rahasia, juga sudah disiapkan di tempat pemungutan suara (TPS). Begitu pula dengan distribusi logistik, dan kertas suara, sudah tiba disetiap desa penyelenggara pilkades.

Menurutnya, tim gabungan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tana Toraja yang melakukan pemantauan jalannya pilkades akan menempati posnya masing-masing, sebelum pemungutan suara dilakukan.

Pemkab Tana Toraja juga sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian, untuk pengamanan jalannya pemungutan suara, hingga proses perhitungan suara di setiap desa penyelenggara pilkades

“Kami berharap, jalannya pesta demokrasi di 19 desa yang menyelenggarakan pilkades tahap pertama, bisa berlangsung aman dan lancar. Semua pihak, diharapkan menjunjung tinggi kebersamaan, baik antara para calon kades, maupun masyarakat yang memilih,” harap Ruben.

Ditambahkan Ruben, usai pelaksanaan pilkades tahap pertama, Pemkab Tana Toraja akan melanjutkan persiapan pelaksanaan pilkades tahap kedua. Meski begitu, dirinya belum bisa memastikan waktu pelaksanaan pilkades tahap kedua.

“Setalah tahap pertama, kami akan melakukan persiapan pelaksanaan pilkades tahap kedua,” terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7151 seconds (0.1#10.140)