Kirab agung Keraton Solo batal digelar

Selasa, 29 Oktober 2013 - 02:01 WIB
Kirab agung Keraton Solo batal digelar
Kirab agung Keraton Solo batal digelar
A A A
Sindonews.com - Kirab mangayubagya Raja Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) PB XIII batal digelar hari ini. Pasalnya, belum ada titik temu antara Pemkot Solo, Lembaga Dewan Adat Keraton dan kubu Dwi Tunggal.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, pembatalan kirab itu dipastikan setelah digelar rapat bersama antara ketua penyelenggara kirab yang juga Ketua DPRD Solo YF Sukasno dengan pihak Keraton malam tadi.

Menurutnya, dalam rapat itu tidak ada titik temu. Sehingga kirab pada Selasa siang batal dilakukan.

"Hasil rapat tersebut merujuk adanya ketidaksepahaman antara Lembaga Dewan Adat dan kubu lainnnya. Yang mewakili rapat adalah KGPH Puger," terang Rudy Senin malam (28/10/2013).

Meskipun demikian, lanjut Rudy, kirab mangayubagyo tetap akan dilaksanakan, tapi belum diketahui pasti kapan tanggalnya. Hal itu menunggu kesepakatan antara dua belah pihak yang bertikai tersebut berdamai dan menyimpulkan satu suara.

"Kepastiannya kirab kapan itu belum diketahui. Nantinya bakal kita bahas terlebih dahulu dengan jajaran Muspida Kota Solo," sambung Rudy.

Terpisah KGPH Puger menyebutkan, sejak awal lembaga dewan adat memang enggan untuk melakukan kirab tersebut. Selain itu batalnya kirab tersebut juga sudah diketahui oleh sang raja, sehingga tidak menimbulkan masalah.

"Sinuhun legawa kok kirab batal dilakukan," ujarnya singkat.

Sementara itu KGPH Panembahan Agung Tedjowulan yang merupakan kubu Dwi
Tunggal belum bisa dimintai keterangan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3418 seconds (0.1#10.140)