Warga Jombang usir truk proyek jalan tol

Senin, 21 Oktober 2013 - 15:03 WIB
Warga Jombang usir truk proyek jalan tol
Warga Jombang usir truk proyek jalan tol
A A A
Sindonews.com - Demo ratusan korban eksekusi Jalan Tol Kertosono-Mojokerto, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, nyaris ricuh. Warga yang emosi memblokir lokasi proyek, dan mengusir truk-truk pengangkut material yang hendak masuk ke lokasi pembangunan jalan tol.

Aksi warga ini sempat dihalangi aparat kepolisian dan nyaris terjadi bentrokan. Warga mengaku nekat melakukan aksi pemblokiran jalan, karena kecewa sampai saat ini pemerintah tak kunjung mau bertemu dengan mereka.

Sebelumnya, ratusan warga ini juga sudah berusaha mendatangi pendopo Kabupaten Jombang untuk bertemu dengan Nyono Suharli. Namun alih-alih ditemui bupati, ratusan massa tersebut malah diusir oleh polisi dengan dalih tidak ada izin untuk demo ke pendopo bupati.

Dalam aksinya, warga mengaku kecewa sampai saat ini tanah mereka yang terkena proyek Jalan Tol Kertosono-Mojokerto tak kunjung dibayar oleh pemerintah.

Selama ini, warga sengaja menolak pembelian tanah yang dilakukan secara sepihak, karena harga yang ditetapkan pemerintah terlalu rendah. Menurutnya, tanah mereka hanya dihargai Rp50 ribu permeter persegi.

Menurut warga, harga tersebut sangat tidak manusia dan tak bisa digunakan untuk membeli tanah pengganti. Warga mendesak, Bupati Jombang mau segera bertemu dengan mereka dan membicarakan masalah ini.

Ratusan warga ini akhirnya bersedia membubarkan diri setelah Kapolres Jombang AKBP Tri Bisono berjanji akan mempertemukan warga dengan Bupati Jombang. Namun jika janji tersebut tidak terpenuhi, warga mengancam akan memblokir lokasi pembangunan jalan tol lagi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7478 seconds (0.1#10.140)