DPT Pemilu Legislatif Jombang berkurang

Minggu, 13 Oktober 2013 - 14:11 WIB
DPT Pemilu Legislatif Jombang berkurang
DPT Pemilu Legislatif Jombang berkurang
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jombang kembali melakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Legislatif. Hasilnya, terdapat pengurangan jumlah DPT dari yang ditetapkan sebelumnya, pada 12 September 2013.

Perubahan itu, terjadi hanya berselang satu bulan. Saat itu, KPUD Jombang menetapkan jumlah DPT di kota santri itu mencapai 1.004.467 pemilih. Namun pada 13 Oktober atau minggu siang, DPT di Kabupaten Jombang berubah lebih sedikit atau menjadi 995.117 pemilih.

Penyebab terjadinya perubahan itu adalah, adanya DPT ganda, orang yang sudah meninggal dunia, dan sebab-sebab lainnya.
Dalam penetapan tersebut, dua partai tidak ikut hadir. Terdiri dari Partai Nasdem dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua KPUD Jombang Mahwal Huda mengatakan, menurunnya jumlah DPT ini karena adanya beberapa faktor. Diantaranya adalah DPT ganda, ada yang meninggal dunia, dan ada yang pindah alamat.

"Ini bukan keteledoran KPU. DPT ganda muncul karena posisi warga yang terdaftar dalam DPT tersebut berpindah tempat tinggal. Dalam beberapa waktu mendatang, kondisi di lapangan pasti akan kembali mengalami perubahan," ujar Mahwal Huda, kepada wartawan, Minggu (13/10/2013).

Ditambahkan dia, perubahan yang dimaksud adalah jika ada yang meninggal dunia. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat agar perlu bingung dan dapat melaporkannya langsung ke PPK atau panitia pemilihan di tingkat desa masing-masing. Begitupun jika ada warga yang tidak tercantum dalam DPT, bisa tetap memilih dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Dalam penetapan DPT kali kedua ini, KPU sebenarnya telah mengundang semua pihak yang berkepentingan dalam pemilu legeslatif mendatang. Namun dua dari 12 partai yang diundang ternyata tidak hadir. Tidak ada penjelasan kenapa dua partai tersebut tidak bersedia hadir.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)