Taman Nasional: Macan liar Semeru lepas dari induknya

Kamis, 03 Oktober 2013 - 15:29 WIB
Taman Nasional: Macan...
Taman Nasional: Macan liar Semeru lepas dari induknya
A A A
Sindonews.com - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru belum berani memutuskan apakah macan kumbang yang menyerang permukiman warga Dusun Sumber, Desa Sentul, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berasal dari kawasan taman nasional atau hutan lindung lainnya.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo tengger Semeru, Ayu Dewi Utari, menyatakan lokasi desa yang diserang macan kumbang berjarak sekira 15 kilometer dari hutan di kawasan taman nasional.

Sementara jarak jelajah hewan tersebut sekira lima kilometer. Ia juga belum berani menyimpulkan apakah satwa ini lepas dari upaya perburuan liar yang mengakibatkan terlepas dari induknya.

"Kemungkinan macan ini lepas dari induknya," kata Ayu, Kamis (3/10/2013).

Ayu juga membenarkan jika penembakan mati macan kumbang yang telah melukai empat petugas sesuai dengan prosedur yang ada. Sebab, jika smapai malam hari tidak bisa ditangkap, kemungkinan jatuh korban sangat besar, mengingat masyarakat semakin banyak yang mendekat untuk melihat.

"Ini hewan malam, jika sampai malam akan semakin sulit menangkapnya," ujar Ayu.

Petugas, katanya, sudah berusaha menangkapnya dengan berbagai cara termasuk dengan menggiring dengan menggunakan jaring ke perangkap, namun macan kumbang tetap tidak mau. Bahkan, juga dengan gasa dan peluru karet, tapi masih saja hewan ini masih lincah.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)