Polda Jabar akan kembali gelar razia preman

Rabu, 18 September 2013 - 18:49 WIB
Polda Jabar akan kembali gelar razia preman
Polda Jabar akan kembali gelar razia preman
A A A
Sindonews.com - Untuk memberantas tindakan premanisme di masyarakat, Polda Jawa Barat akan kembali menggelar razia preman. Para preman itu akan dibina agar tidak lagi melakukan tindakan premanisme.

"Kita akan menggelar razia preman dalam waktu dekat," kata Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suhardi Alius, di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (18/9/2013).

Tapi razia itu hanya akan digelar di wilayah perkotaan. Sebab di pedesaan atau wilayah kabupaten, tindakan premanismenya dinilai belum terlalu parah seperti di perkotaan.

"Tentunya yang banyak (aksi premanisme) itu di wilayah polrestabes dan polresta. Kalau di kabupaten rasanya lebih sedikit," jelasnya.

Dalam melakukan razia preman, polisi akan mendatangi sejumlah lokasi yang diduga jadi tempat mangkalnya para preman. Tapi ia mengaku butuh bantuan masyarakat di mana saja lokasi bersarangnya para preman di daerahnya.

Laporan adanya preman diharapkan dilakukan ke kantor polisi terdekat atau polisi yang ada di wilayah. Ia berjanji polisi akan langsung turun tangan memberantas preman jika ada masyarakat yang melapor.

"Kalau tidak ditangani (oleh polisi setempat), lapor ke saya," tegas Suhardi.

Ia mengatakan, tugas polisi adalah memberikan pelayanan dan rasa aman bagi masyarakat. Makanya polisi harus langsung bergerak begitu mendapat laporan dari masyarakat.

Disinggung jika aksi premanisme dibekingi kepolisian, Suhardi menegaskan tidak akan pandang bulu. Polisi yang melindungi preman akan ditindak tegas.

"Kalau ada keterlibatan anggota Polri, pasti saya tindak, pasti saya proses. Itu janji saya," ucap Suhardi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0838 seconds (0.1#10.140)