Polda Jabar data perakit senpi di Cipacing

Senin, 16 September 2013 - 13:34 WIB
Polda Jabar data perakit...
Polda Jabar data perakit senpi di Cipacing
A A A
Sindonews.com - Polda Jawa Barat menginstruksikan jajarannya untuk mengidentifikasi perajin senjata api rakitan di kawasan Cipacing, Kabupaten Sumedang. Hal itu menyusul maraknya aksi kejahatan yang menggunakan senjata api.

"Sekarang saya perintahkan untuk diidentifikasi semua pengrajin, baik yang masuk dalam koperasi maupun yang tidak dalam koperasi," ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suhardi Alius, di DPRD Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (16/9/2013).

Identifikasi itu, bertujuan untuk mendata semua perakit senjata, termasuk pengusahanya. Sehingga ketika ada penyalahgunaan senjata api, polisi bisa dengan mudah melakukan penyelidikan. "Kerajinan di sana jangan sampai dibuat untuk melakukan perbuatan menyimpang," jelasnya.

Disinggung berapa jumlah pengrajin dan pengusaha senjata di Cipacing, Suhardi mengaku belum mengetahuinya. Sebab, kini pendataan masih berlangsung. "Itu sedang didata," ucapnya.

Tapi, dia memperkirakan jumlah pengrajin lebih dari 200 orang. Sementara untuk pengusahanya diprediksi jauh lebih sedikit.

Dalam proses identifikasi, petugas diharapkan melakukan pendataan sedetail mungkin. "Kalau perlu diambil gambarnya, termasuk lokasi pembuatannya," tegas Suhardi.

Dia pun meminta masyarakat pro aktif memberikan informasi ke polisi jika di daerahnya ada pembuatan senjata rakitan. Itu demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita juga perlu peran serta masyarakat. Mungkin bukan hanya di Cipacing saja (ada pengrajin senjata), tapi di tempat lain juga," tandas Suhardi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)