Cari air, warga lereng Merapi nekat turuni jurang

Kamis, 05 September 2013 - 09:34 WIB
Cari air, warga lereng Merapi nekat turuni jurang
Cari air, warga lereng Merapi nekat turuni jurang
A A A
Sindonews.com - Memasuki musim kemarau, warga lereng Merapi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), rela menghadapi maut demi mendapatkan air bersih.

Para warga di wilayah tersebut tepatnya di Desa Cluntang Musuk itu, terpaksa menuruni jurang sedalam 200 meter, hal itu terpaksa mereka lakukan karena saluran air bersih ke rumah mereka dianggap masih kurang di musim kering.

Bermodalkan jeriken dan ember, mereka setiap pagi dan sore hari harus menuruni jalan curam, licin dan berdebu.

"Sudah dua bulan terakhir saluran air bersih di desa kami kurang, karena memang musim kemarau. Ya terpaksa kami turun ke bawah untuk ambil air," jelas seorang warga Desa Cluntang Musuk, Samini, Kamis (5/9/2013).

Meski air yang diambil kurang begitu bersih dan berlumut, namun warga tetap menggunakannya untuk memasak dan minum.

Sementara tokoh masyarakat setempat, Sindu, membenarkan dengan keadaan tersebut. Sejak dua tahun yang lalu, di desa ini sudah mendapatkan bantuan saluran air bersih dari pemerintah. Namun setiap musih kemarau tiba, ada sebagian warga yang kebutuhan airnya cukup banyak dan terpaksa harus mengambil ke dasar jurang.

"Mereka tidak punya pilihan lain dengan kondisi seperti ini, mereka cuma berharap musim kemarau ini segera berakhir," ujar Sindu.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6094 seconds (0.1#10.140)