Polisi amankan mobil perusak pintu Keraton Solo

Kamis, 29 Agustus 2013 - 18:48 WIB
Polisi amankan mobil perusak pintu Keraton Solo
Polisi amankan mobil perusak pintu Keraton Solo
A A A
Sindonews.com - Mobil Toyota Hardtop, milik mantan Bupati Wonogiri, Begug Purnomosidi akhirnya diamankan oleh pihak kepolisian.

Mobil tersebut sebelumnya dipakai untuk mendobrak pintu Sasana Putra Keraton Kasunanan Surakarta saat kisruh antara Dewan Adat dan Raja Keraton Solo Paku Buwono XIII Hangabehi, beberapa waktu lalu.

Mobil Toyota Hardtop tersebut diamankan oleh kepolisian sebagai barang bukti dalam kejaidan yang berlangsung awal pekan lalu.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polresta Solo, Komisaris Polisi (Kompol) Rudi Hartono, menyebutkan, selain mengamankan mobil tersebut, pihaknya juga mengaku telah memanggil Begug sebagai pemilik mobil.

Tidak hanya Begug, beberapa petinggi dari dewan adat maupun dari kubu Hangabehi juga sudah dipanggil untuk menjalankan pemeriksaan. Meskipun demikian, Rudi, mengaku belum ada yang dijadikan tersangka dalam kasus pengerusakan benda cagar budaya tersebut.

"Mobil sudah kita amankan, kita juga sudah panggil orang-orang yang bertikai untuk kami periksa," ucapnya, Kamis (29/8/2013).

Rudi mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan karena dalam konflik keraton senin lalu terdapat unsur pidana yang harus diselesaikan secara undang-undang yang berlaku.

Sementara itu hingga Kamis (29/8) siang, ratusan personel keamanan dari Kepolisian dan TNI masih berjaga-jaga di kompleks Keraton Solo. Penjagaan itu dilakukan untuk mengantisipasi bentrok susulan yang sewaktu-waktu terjadi di keraton peninggalan Mataram Islam tersebut.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3286 seconds (0.1#10.140)