Pesilat suruhan Gusti Moeng akhirnya dievakuasi dari keraton

Senin, 26 Agustus 2013 - 23:04 WIB
Pesilat suruhan Gusti...
Pesilat suruhan Gusti Moeng akhirnya dievakuasi dari keraton
A A A
Sindonews.com - Ratusan orang suruhan Gusti Moeng cs akhirnya dievakuasi dari Keraton Kasunanan Surakarta malam ini sekira pukul 22.20 WIB, Senin (26/8/2013) malam.

Dengan pengawalan ketat dari aparat TNI dan Polri mereka dikumpulkan terlebih dahulu sebelum akhirnya dibawa keluar lingkungan Keraton Surakarta.

Hal ini dilakukan menyusul kekhawatiran banyak pihak yang dinilai akan memperuncing ketegangan dengan warga Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jateng.

Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat massa dari kelompok perguruan silat suruhan Gusti Moeng itu berkumpul di depan pintu Kori Kamandungan, seiring datangnya dua unit truk Kodim dan tiga mobil taktis.

"Masing-masing pendukung kubu Lembaga Dewan Adat ini akan dikawal sampai ke tempat asalnya. Evakuasi terpaksa dilakukan supaya tak terjadi bentrok susulan dengan warga apabila massa dari kubu Lembaga Dewan Adat ini dibiarkan berkeliaran," jelas Kapolsek Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, AKP Parni Handoko.

Di lain pihak, warga Baluwarti memantau dari kejauhan proses evakuasi tersebut. Kepada aparat, mereka berjanji menarik diri dari lokasi Sasana Narendra setelah yakin orang suruhan Gusti Moeng itu dibersihkan dari keraton.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9723 seconds (0.1#10.140)