Diusir, ratusan abdi dalem kecewa

Senin, 26 Agustus 2013 - 16:15 WIB
Diusir, ratusan abdi dalem kecewa
Diusir, ratusan abdi dalem kecewa
A A A
Sindonews.com - Para abdi dalem Keraton Solo mengaku kecewa pengukuhan Maha Menteri Tedjowulan di Sasana Narenda Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo Jawa Tengah dibubarkan paksa.

Salah seorang abdi dalem bernama Gito Wiyono mengatakan, dirinya bersama dengan abdi dalem dan sentana lainnya diundang pihak keraton untuk menghadiri halal bihalal dan pengukuhan Tedjowulan sebagai menteri.

"Acara yang sebelumnya berjalan normal mendadak kacau setelah Gusti Moeng bersama kerabatnya memasuki ruangan untuk membubarkan acara," tutur Gito Wiyono, Senin (26/8/2013).

Dirinya sangat kecewa dengan insiden pengusiran itu, juga bingung. Sehingga, Gito dan ratusan abdi lainnya hanya bisa berada di luar keraton menunggu perintah selanjutnya.

"Kami kesini itu diundang, tapi lalu diusir, jadi kami bingung, dan menunggu di luar keraton saja," tukasnya.

Sementara itu menurut karabat kraton Wirabumi, saat ini masih dilakukan upaya komunikasi dengan Paku Buwono XIII Hangabehi dengan adik-adik raja.

"Masih rekonsiliasi," tuturnya singkat.

Saat ini Keraton Solo masih dijaga ketat aparat keamanan yang berpakaian preman. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi hal hal- yang tak diinginkan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6328 seconds (0.1#10.140)