Dua EWS Merapi bermasalah

Minggu, 18 Agustus 2013 - 17:16 WIB
Dua EWS Merapi bermasalah
Dua EWS Merapi bermasalah
A A A
Sindonews.com - Dua early warning system (EWS) daerah aliran sungai (DAS) Gunung Merapi yang ada di Turgo, Turi dan Kalitengah Kidul, Cangkringan, Sleman harus segera diperbaiki.
Sebab sirene dua EWS itu tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Hal ini diketahui saat Pemkab Sleman melakukan uji coba sirine EWS bersamaan dengan upacara
detik-detik Proklamasi tingkat kabupaten Sleman, di Dengung, Sleman, Sabtu 17 Agustus lalu.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sleman Heru Saptono menjelaskan, memang dari hasil uji coba belum semua EWS berfungsi dengan baik. Dimana dari 12 EWS, dua di antaranya,
ada masalah.

“EWS di Turgo masih ada noise sedangkan di Kalitengah Kidul suara kurang keras, sedangkan untuk 10 EWS lainnya berfungsi sebagaimana yang diharapkan,” kata Heru, Minggu (18/8/2013)

Selain di Turgo dan Kalitengah Kidul, 10 EWS lainnya, tersebar di Pulowatu, Kinahrejo, Kepuharjo, Srunen, Kalitengah Lor, Bronggang, Jarahan, dan Merdikayen. Dari 12 EWS tersebut, tujuh EWS yaitu di Kalitengah Lor, Srunen, Batur, Tangkisan, Turgo, Kemiri dan Pulowatu dikendalikan secara otomatis dari lokasi di Denggung. Sedangkan lima EWS dibunyikan secara manual oleh petugas.

“Ke depan semua titik EWS dapat dibunyikan secara serentak,” terangnya.

Heru mengatakan, setelah mengetahui adanya permasalahan ini, sebagai tindak lanjutnya, yaitu segera melakukan penyempurnaan dan kajian, terutama apakah perlu menambah titik lokasi sirine atau tidak.

Sehingga dengan langkah ini masyarakat akan lebih siap dalam tanggap bencana Gunung Merapi.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6706 seconds (0.1#10.140)