Khawatir rusuh, lokasi pengundian nomor urut dipindah

Rabu, 14 Agustus 2013 - 15:23 WIB
Khawatir rusuh, lokasi pengundian nomor urut dipindah
Khawatir rusuh, lokasi pengundian nomor urut dipindah
A A A
Sindonews.com - Dengan alasan keamanan, lokasi pengundian nomor urut enam pasang calon kepala daerah Kabupaten Cirebon pagi tadi sempat dipindahkan.

Semula, pengundian nomor urut dilaksanakan di kantor KPU Kabupaten Cirebon di Jalan Dewi Sartika, Sumber, Kabupaten Cirebon terpaksa dipindah ke Asrama Haji di Watubelah, Sumber, Kabupaten Cirebon, yang berjarak sekitar empat kilometer.

Ketua Panwaslu Kabupaten Cirebon Nunu Sobari mengatakan, pemindahan lokasi itu dilakukan atas inisiatif Panwaslu dan Polres Cirebon Kabupaten dengan pertimbangan ketertiban dan keamanan.

“KPU sebenarnya menjadwalkan pengundian nomor urut cabup di kantor KPU. Tapi karena di sana lokasinya sempit, kami dan kepolisian minta dipindah ke Asrama Haji ini,” terangnya, Rabu (14/8/2013).

Meski dengan pertimbangan keamanan, sejauh ini dia mengaku tidak ada ancaman apapun yang mendasari pemindahan lokasi itu. Langkah tersebut hanyalah bersifat antisipatif.

Untuk ketertiban, pihaknya mensyaratkan masing-masing calon hanya mengerahkan massa 100 orang. Massa pendukung yang masuk aula tempat diselenggarakannya pengundian pun hanya dibatasi 20 orang untuk masing-masing calon.

Sementara itu, Kapolres Cirebon, AKBP Irman Sugema membenarkan pemindahan lokasi pengundian terkait keamanan.

Selain antisipasi pengerahan massa, aktivitas warga sekitar juga menjadi pertimbangan lain yang dianggap tak seimbang dengan situasi kantor KPU Kabupaten Cirebon yang lebih sempit.

“Hari ini kami mengerahkan sekitar 400 personel, terdiri dari TNI, Brimob, Satpol PP, ditambah satu peleton dari Polres Kuningan,” jelas dia.

Berdasarkan pantauan, pengamanan pengundian nomor urut pasangan cabup sendiri terkesan ketat.

Mereka yang hadir diwajibkan memperlihatkan kartu tanda pengenal kepada petugas yang berjaga di gerbang depan asrama. Untungnya, hingga berakhirnya pengundian sekitar pukul 13.00 WIB, tidak ada insiden yang menonjol.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4305 seconds (0.1#10.140)