Mbah Rono pensiun

Selasa, 13 Agustus 2013 - 07:49 WIB
Mbah Rono pensiun
Mbah Rono pensiun
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Susilo Siswoutomo memastikan pengganti Surono sebagai Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dalam waktu dekat. Saat ini, pihaknya tengah merapatkan bersama sejumlah pihak terkait.

"Ya, kita sedang merencanakan tunggu saja sebentar lagi," katanya saat berkunjung ke Pos Babadan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Senin (12/8/2013).

Sejauh ini, Susilo mengaku belum mengantongi nama yang bakal menggantikan posisi Mbah Rono yang sudah pensiun. Namun, hingga saat ini dipastikan Mbah Rono masih bertanggungjawab dan bertugas sebelum dipastikan siapa penggantinya.

"Mekanisme SOP sudah ada. Kalau misalnya yang sudah pensiun tidak bisa mengambil keputusan, ya dilakukan Kepala Badan Geologi," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Susilo juga meninjau pos pengamatan Gunung Merapi Babadan. Susilo datang bersama dengan Kepala Badan Geologi (R Sukhyar), Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (Surono), Kepala BPPTKG (Subandriyo), Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Joko Susilo dan jajaran, serta pengamat di Pos Babadan dan Ngepos.

"Tujuan saya menengok pengawas gunung Merapi untuk memberikan semangat. Saya melihat pekerjaannya mereka lakukan dengan serius dan ikhlas," paparnya.

Menurutnya, para pengamat Gunung Merapai patut mendapat apresiasi karena perannya sangat penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang aktivitas gunung yang aktif tersebut.

"Apalagi Merapi terkenal nakal, indah tapi genit. Gunung ini sering meletus dan berakibat pada masyarakat, seperti erupsi pada tahun 2010 lalu," imbuhnya.

Kepala Badan Geologi, R Sukhyar mengatakan, status Merapi masih aktif normal. "Untuk kunjungan Wamen ESDM ini sangat membantu untuk memberikan suntikan semangat bagi pengamat Gunung Merapi," ujarnya.

Sementara Petugas Pengamat Gunung Merapi di Pos Ngepos dan Babadan, Heru Suparwoko mengatakan sangat bangga dan senang dengan kunjungan Wamen ESDM. Menurutnya, hal itu dapat menambah motivasi untuk bekerja. Apalagi, selama libur lebaran mereka tetap memantau Merapi selama 24 jam.

"Sejauh ini kami stand by 24 jam. Meskipun di Pos Ngepos dan Babadan hanya ada 3 personel. Kita tetap semangat memantau," tandasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8176 seconds (0.1#10.140)