BNPB kirim bantuan logistik untuk korban Rokatenda

Senin, 12 Agustus 2013 - 15:03 WIB
BNPB kirim bantuan logistik untuk korban Rokatenda
BNPB kirim bantuan logistik untuk korban Rokatenda
A A A
Sindonews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan telah mengirimkan bantuan logistik kepada para pengungsi Gunung Rokatenda yang meletus.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo nugroho, permakanan tersebut masih mencukupi hingga empat hari ke depan.

Selain itu, kami juga telah mengirimkan 20 ribu masker, 500 paket family kit, 500 paket kid ware dan 1.000 selimut," jelas Sutopo dalam keterangan resminya kepada Sindonews, Senin (12/8/2013).

Menurutnya, kebutuhan mendesak yang diperlukan para pengungsi memang seperti tikar, air bersih, air mineral, permakanan dan masker. Sesuai dengan otonomi daerah, penanganan bencana juga desentralisasi. Penanggung jawab penanganan bencana adalah Bupati/Walikota dan Gubernur.

"BNPB memberikan pendampingan dalam teknis, administratif, peralatan dan pendanaan. Oleh karena itu penanganan pengungsi, relokasi, tata ruang, penyediaan kebutuhan dasar dan sebagainya adalah kewenangan Pemda," jelasnya.

Saat ini 15 personel BNPB sudah berada di Maumere dan Palue untuk mendampingi BPBD mendirikan posko, membentuk struktur organisasi tanggap darurat, mendirikan media center, administrasi penggunaan dana siap pakai dan sebagainya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0497 seconds (0.1#10.140)