Gawat! Gunung Kerinci Level Waspada, 10 Pendaki Masih di Puncak

Senin, 04 Desember 2023 - 12:15 WIB
loading...
Gawat! Gunung Kerinci Level Waspada, 10 Pendaki Masih di Puncak
Gunung Kerinci di Sumatera Barat dan Jambi harus diwaspadai karena statusnya level Waspada menyusul meletusnya Gunung Marapi yang mengakibatkan 11 pendaki tewas. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
SOLOK SELATAN - Dampak letusan Gunung Marapi di Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat pada Minggu (3/12/2023) mengakibatkan 11 pendaki ditemukan tewas di puncak Marapi.

Kondisi yang harus diwaspadai juga adalah Gunung Kerinci, dengan ketinggian 3.805 meter diatas permukaan laut (Mdpl). Saat ini gunung tertinggi di Sumatera ini juga dalam status waspada atau level II.



Kepala Seksi Wilayah I Taman Nasional Nasional Kerinci Sebelah (TNKS) Kerinci, Nurhamidi saat dihubungi pada Senin (4/11/2023) membenarkan status aktivitas gunung Kerinci pada level II (waspada).

Nurhamidi mengatakan berdasarkan data TNKS sejak 1-4 Desember 2023 tercatat 23 orang yang melakukan pendakian Gunung Kerinci dari jalur Kresik Tuo di Kayo Aro, Kerinci, Jambi.



"Ada dua orang warga negara asing (WNA) yang mendaki jalur Kresik Tuo. Dan warga negara Indonesia (WNI) sebanyak 21 orang," ungkapnya.

Menurutnya, sampai saat ini masih ada 10 orang pendaki yang berada di kawasan puncak Gunung Kerinci.



"Kita tetap sampaikan agar mengikuti imbauan petugas yang mengacu pada hasil pengamatan dari Pos Pengamatan Gunung Api," ujarnya.

Terpisah, Kepala Seksi SPTN Kerinci Seblat Wilayah IV, David mengatakan bahwa tidak ada tercatat pendaki yang melakukan pendakian gunung Kerinci dari jalur Bangun Rejo Solok Selatan.

"Nihil pendaki jalur Solok Selatan dan informasinya belum ada peningkatan aktivitas gunung Kerinci," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)