Tahanan Lapas Pasuruan kabur panjat tembok

Selasa, 23 Juli 2013 - 11:20 WIB
Tahanan Lapas Pasuruan kabur panjat tembok
Tahanan Lapas Pasuruan kabur panjat tembok
A A A
Sindonews.com - Seorang tahanan tindak pidana pencurian dengan pemberatan Usman (20), melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Pasuruan. Usman merupakan tahanan titipan Polsek Bugul Kidul.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, Usman yang telah menjalani masa penahanan selama 30 hari, kabur dengan cara memanjat tembok lapas. Lolosnya tahanan ini, diduga sengaja memilih waktu saat penghuni dan penjaga lapas tengah menjalankan salat tarawih di masjid komplek lapas.

Dalam catatan kepolisian, Usman merupakan tersangka spesialis pencurian rumah, dengan cara memanjat dinding dan genteng. Diduga, karena keahliannya tersebut, pelaku melarikan diri saat petugas sipir lengah.

Petugas baru mengetahui ada tahanan kabur saat melakukan pengecekan jumlah tahanan selepas salat tarawih. Dari pemeriksaan, diketahui bahwa pelaku kabur melalui depan blok tahanan wanita dengan cara memanjat tembok dan genteng.

Sejumlah petugas kepolisian dikerahkan untuk melacak dan mengejar tahanan. Namun hingga Selasa siang, jejak tahanan yang melarikan diri belum diketahui. Untuk kepentingan penyelidikan, polisi mengamankan CCTV yang memantau aktifitas tahanan di dalam lapas.

"Kami masih melakukan penyelidikan dan melakukan pengejaran," kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Asep Akbar Hikmana, kepada wartawan, Selasa (23/7/2013).

Sementara itu, Kepala Lapas Kota Pasuruan Winarsangka, tidak bersedia memberikan keterangan terkait kaburnya seorang tahanan. Melalui petugas sipir, dia meminta wartawan yang melakukan peliputan, mengajukan ijin terlebih dahulu ke Kantor Kanwil Kemenkum dan HAM.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7464 seconds (0.1#10.140)