Hujan abu, TNI AU hentikan latihan terbang

Senin, 22 Juli 2013 - 15:11 WIB
Hujan abu, TNI AU hentikan latihan terbang
Hujan abu, TNI AU hentikan latihan terbang
A A A
Sindonews.com - Hujan abu Merapi yang sempat menguyur beberapa wilayah di lereng gunung Merapi berdampak pada aktivitas latihan terbang di Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta.

Akibat adanya hujan abu itu, kegiatan pesawat latih untuk sementara dihentikan. Latihan baru akan dilakukan jika kondisi normal.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Mayor Sus Hamdi Londong Allu mengatakan, adanya hujan abu yang berhembus ke selatan dan timur lereng gunung Merapi, memang berpengaruh terhadap aktivitas penerbangan pesawat latih.

Terutama yang ke arah utara, yaitu area Muntilan-Magelang.

“Karenanya, untuk menghindari yang hal yang tidak diinginkan, sambil menunggu keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk sementara latihan dihentikan,” terang Londong, Senin (22/7)

Londong menjelaskan sebenarnya dari informasi BMKG, mulai pukul 11.30 WIB kondisi di wilayah Yogyakarta sudah normal kembali dan clear.

Hanya saja, Lanud tetap memutuskan tidak melanjutkan dan menghentikan latihan terbang. Termasuk tetap akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Ya untuk satu hari ini, tidak ada latihan terbang,” katanya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5692 seconds (0.1#10.140)