Rombongan Menteri Timor Leste dikawal ketat

Selasa, 16 Juli 2013 - 14:41 WIB
Rombongan Menteri Timor Leste dikawal ketat
Rombongan Menteri Timor Leste dikawal ketat
A A A
Sindonews.com - Kepolisian Resort Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), menggunakan standar pengamanan internasional dalam bentuk pengawalan terbuka dan tertutup, kepada para rombongan pejabat luar negeri, seperti Timor Leste yang melintasi jalan darat wilayah Indonesia.

Standar pengamanan itu diberlakukan karena sudah menjadi kewajiban, jika ada kunjungan pejabat negara asal Timor Leste ke wilayahnya Oekusi itu melalui jalur darat Wini, Kecamatan Insana Utara, dan akan melintasi Kabupaten TTU, dan Belu.

Kapolres Timor Tengah Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Gede Mega Suparwitha, mengakui sejak minggu kemarin hingga Selasa pagi, telah menerjunkan 110 personel untuk mengawal Mensesneg Republik Demokratik Timor Leste untuk ASEAN Roberto de Oliveire Soares yang melintasi melalui Wini.

"Pengamanan sudah selesai pagi tadi, semuanya aman. Kepolisian wajib melakukan Pam jalur serta standar pengawalan terbuka dan tertutup bagi rombongan tersebut," ujar Suparwita saat dihubungi, Selasa (16/07/2013).

Menurut Suparwitha, rangkaian pengamanan tersebut melibatkan semua unsur terkait di wilayah perbatasan. Ketatnya pengamanan ini, sudah sesuai undang-undang internasional yang ada.

“Pengamanan tersebut, sudah merupakan pengamanan standar untuk melayani tamu penting dari negara tetangga. Gabungan pasukan tersebut akan ditempatkan disepanjang jalur Indonesia. Langkah-langkah yang dilakukan semua sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang ada,” jelas Suparwitha.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, Mensesneg Republik Demokratik Timor Leste untuk ASEAN Roberto de Oliveire Soares akan melakukan kunjungan kerja ke Oekusi terkait peningkatan status Distrik Oekusi menjadi daerah istimewa lantaran wilayahnya dikelilingi Indonesia, khususnya Kabupaten TTU.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0884 seconds (0.1#10.140)