Perbaiki 5 jembatan, Pemkab Sleman anggarkan Rp4,5 M

Rabu, 10 Juli 2013 - 14:17 WIB
Perbaiki 5 jembatan, Pemkab Sleman anggarkan Rp4,5 M
Perbaiki 5 jembatan, Pemkab Sleman anggarkan Rp4,5 M
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menganggarkan Rp4,5 miliar untuk memperbaiki lima jembatan.

Lima jembatan yang akan diperbaiki itu adalah Krakilan di Mlati, Pereng, Prambanan, Pojok, Ngaglik, Umbulgede, Kalasan, Watugajah dan Minggir.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Sleman Mirza Anfanzury mengatakan, perbaikan lima jembatan itu sudah mendesak, karena jembatan waktunya untuk diperbaiki dan penyesuaian dengan lebar jembatan terutama di Jalan Kabupaten.

“Sesuai dengan standar untuk jembatan yang ada di jalan kabupaten lebarnya antara 5 hingga 6 meter,” kata Mirza di ruang kerjanya, Rabu (10/9).

Mirza menjelaskan dari lima perbaikan jembatan itu, ada yang sudah mulai dikerjakan dan sedang dalam proses persiapan.

Jembatan yang sudah dikerjakan, yakni jembatan Watugajah, Minggir, Pojok, Ngaglik dan Umbulgede, Kalasan. Untuk jembatan Krakilan, Mlati dan Pereng, Prambanan masih dalam perencanaan.

“Perbaikan jembatan ini total, bukan hanya tambal sulam, sehingga untuk arus lalu lintas untuk sementara kami alihkan, khususnya jembatan yang ada di Jalan Kabupaten, yakni jembatan Umbulgede, Kalasan,” paparnya.

Menurut Mirza pengalihan arus lalu lintas tersebut juga sebagai antisipasi saat arus mudik dan balik nanti. Sebab untuk pengerjaannya dipastikan belum selesai.

Sehingga dengan adanya pengalihan sejak awal, pengguna jalan sudah tidak kaget dan terbiasa harus melalui jalan altenatif mana.

“Untuk waktu pengerjaannya sendiri antara jembatan satu dengan yang lain berbeda, tergantung dengan konstruksinya. Ada yang 100 hari, 120 hari dan 150 hari. Melihat rentang waktu tersebut, kami perkirakan baru akan selesai antara September hingga Oktober mendatang,” jelasnya.

Sedangkan dari perbaikan lima jembatan itu, yang memerlukan anggaran paling banyak adalah Jembatan Pereng dan Prambanan, yakni hampir Rp2 miliar lebih, untuk lainnya antara Rp600 juta - Rp700 juta. Anggaran ini berasal dari APBD 2013.

Mirza menambahkan selain memperbaiki jembatan untuk kelancaran arus lalu lintas, saat ini juga sedang melakukan perbaikan di ruas jalan yang mengalami kerusakan, terutama yang berlubang.

Sehingga saat lebaran nanti, kecuali yang mengalami kerusakan parah, diharapkan perbaikan jalan yang rusak sudah selesai.

“Kalau yang rusaknya parah, karena melibatkan pihak ketiga, untuk perbaikannya masih menunggu proses pengadaan, bila sudah selesai segera dapat dilakukan perbaikan,” paparnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7799 seconds (0.1#10.140)