Eksekusi rumah warga di Sulsel bentrok

Kamis, 04 Juli 2013 - 13:10 WIB
Eksekusi rumah warga di Sulsel bentrok
Eksekusi rumah warga di Sulsel bentrok
A A A
Sindonews.com - Eksekusi empat unit rumah warga di Gowa, Sulawesi Selatan, berujung bentrok. Warga yang menolak rumahnya dieksekusi, nekat melawan petugas dengan lemparan batu. Beberapa diantaranya, bahkan terlibat saling pukul.

Aksi saling dorong dan saling pukul, ini terjadi saat petugas dan juru sita Pengadilan Negeri Sungguminasa, akan mengeksekusi empat rumah warga. Di Dusun Bontoa, Desa Bonto Lempangang, Kecamatan Bajen, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Warga yang menolak dilakukannya eksekusi, terus melawan petugas dengan lemparan batu. Aksi tersebut pun dibalas dengan tembakan gas air mata oleh petugas. Akibatnya, bentrokan antara petugas dan warga pun tak terhindarkan.

Salah seorang warga yang tertangkap, bahkan sempat menjadi bulan-bulanan petugas. Meski terjadi kericuhan, petugas dan juru sita pengadilan negeri tetap membacakan putusan eksekusi.

Kasus sengketa lahan seluas 33 hektare, antara penggugat Sahara Daeng Pati dan tergugat Panda Daeng Bado, ini terjadi sejak tahun 1988. Namun, keputusan PK tanggal 30 Juli 2012, dimenangkan oleh penggugat Sahara Daeng Pati hingga dilakukannya eksekusi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5465 seconds (0.1#10.140)