Polman anggarkan 24 mesin kapal untuk nelayan

Rabu, 03 Juli 2013 - 02:59 WIB
Polman anggarkan 24 mesin kapal untuk nelayan
Polman anggarkan 24 mesin kapal untuk nelayan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) kembali menganggarkan pembelian 24 unit mesin kapal yang akan diberikan pada kelompok nelayan di daerah ini.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ((DKP) Polman, Harun Abu, menuturkan, tahun ini anggaran yang dialokasikan untuk pembelian 24 unit mesin tersebut sebesar Rp 260 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum APBD Polman.

Dari 24 unit mesin, diantaranya 12 unit mesin dalam untuk kapal besar, serta 12 unit mesin motor tempel untuk perahu katinting.

Harun menyampaikan, mesin tersebut nantinya akan diberikan kepada kelompok nelayan yang terdaftar di pemerintah. Adapun jumlah kelompok yang akan mendapatkan yakni sebanyak tujuh kelompok diantaranya, enam kelompok untuk mesin dalam dan satu kelompok mesin luar.

"Kelompoknya nelayan yang akan mendapatkan bantuan tahun ini sudah ada. Tinggal penyerahan bantuan mesinn," tutur Harun Abu, kepada SINDO, Selasa, (2/7/2013).

Karena itu, dengan adanya bantuan mesin tersebut, para nelayan di Polman akan bisa lebih efektif dalam melakukan usaha penangkapan dan bisa mengembangkan kelompoknya.

Sementara, terhadap kelompok nelayan yang belum mendapatkan bantuan tahun ini, ia meminta untuk tetap bersabar.
"Mudah-mudhaan tahun depan tetap bisa dialokasikan, sehingga nelayan yang kurang mampu dan belum mendapatkan bantuan bisa diakomodir," tutur Harun.

Sebab, kata Harun, kelompok nelayan yang sudah mendapatkan bantuan pada tahun sebelumnya tidak akan bisa diakomodir lagi. Begitupun dengan nelayan atau kelompok yang baru mengajukan permohonan, DKP lebih awal akan melakukan verifikasi apakah kelompok tersebut benar-benar ada dan aktif sebagai nelayan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9192 seconds (0.1#10.140)