Atasi kabut asap, BNPB siapkan hujan buatan

Kamis, 20 Juni 2013 - 11:02 WIB
Atasi kabut asap, BNPB siapkan hujan buatan
Atasi kabut asap, BNPB siapkan hujan buatan
A A A
Sindonews.com - Untuk mengatasi kabut asap yang sudah mulai menyebar hingga Malaysia dan Singapura, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pusat Pengembangan Teknologi (BPPT) akan membuat hujan buatan.

"BNPB sudah menyiapkan dana Rp25 miliar melalui dana siap pakai BNPB untuk melakukan hujan buatan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui rilis yang diterima Sindonews, Kamis (20/6/2013).

Ia menjelaskan, BNPB sebagai koordinator dan BPPT sebagai pelaksana dari hujan buatan tersebut. "Waktu pelaksanaan tergantung dengan kebutuhan di lapangan," terangnya.

Berdasarkan pantauan hotspot tanggal 18 Juni 2013, berdasarkan data satelit NOAA 18 di Kementerian Kehutanan, jumlah hotspot di Riau 148 titik, Jambi 26 titik, Kalbar 22 titik, Sumsel 6 titik, dan Sumbar 5 titik.

Hotspot juga terjadi di negara lain seperti Malaysia 8 titik, Thailand, Laos PDR, Vietnam, Cambodia 29 titik, dan Myanmar 17 titik.

"Jumlah tersebut belum dikategorikan besar jika dibandingkan puncak kemarau yang seringkali mencapai ribuan titik," katanya.

Jumlah luasan lahan gambut terbakar di Riau mencapai 850 hektare. Luas yang sudah dipadamkan 650 hektare dengan jumlah personel 105 orang. Sampai saat ini upaya pemadaman masih berlangsung.

Kebakaran lahan dan hutan adalah bencana yang hampir setiap tahun terjadi di Indonesia. Ada 8 provinsi yang sering memiliki hotspot terbanyak, yaitu Sumut, Riau, Sumsel, Jambi, Kalbar, Kalteng, Kalsel, dan Kaltim.

Lokasi kebakaran umumnya daerah bergambut yang menyebabkan sulit dipadamkan. Untuk itu BNPB bersama BPPT menggelar operasi hujan buatan untuk mengatasi bencana asap tersebut juga hampir setiap tahun.

Baca juga: Singapura hilang kesabaran akibat asap dari Indonesia
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8482 seconds (0.1#10.140)